Tutup Iklan

Setelah Thomas Cup, Bendera Indonesia Tak Berkibar di Sirkuit Mandalika

Bendera Indonesia terancam tak berkibar di Sirkuit Mandalika

 Dasain pit building modular Sikuit Mandalika. (Gambar: Instagram)

SOLOPOS.COM - Dasain pit building modular Sikuit Mandalika. (Gambar: Instagram)

Solopos.com, JAKARTA – Absennya pengibaran bendera merah-putih pada penyerahan medali Thomas Cup kemaren rupanya akan berlanjut di Sirkuit Mandalika. Bendera Indonesia masih dilarang dikibarkan sebagai konsekuensi ketidakpatuhan Indonesia terhadap regulasi antidoping.

Dikutip dari Detik.com, Senin ((1/10/2021), Indonesia mendapat peringatan dari Badan Antidoping Dunia (WADA) pada 15 September. Peringatan tersebut dikirim karena Indonesia tak mengirim sampel tes doping plan (TDP) pada 2020 dan 2021. Akhirnya WADA menjatuhkan sanksi pada 7 Oktober. Untuk itu, bendera Indonesia dilarang berkibar saat Thomas Cup.

Baca Juga: Cilaka, Balapan di Sirkuit Mandalika Dicatut untuk Menipu

Nasib sama, WADA juga telah mengonfirmasi bendera Indonesia dilarang berkibar pada balapan Superbike maupun MotoGP di Sirkuit Mandalika. Namun lagu Indonesia Raya masih bisa dikumandangkan di sana.

“Terkait dengan bendera, konsekuensinya adalah adanya pembatasan pengibaran bendera oleh penyelenggara acara di venue/arena/stadion di sebuah event berskala regional, kontinental atau kejuaraan dunia tengah dipertandingkan. Baik itu berkibar untuk durasi sepanjang event, atau pada bagian-bagian tertentu dalam event tersebut. Misalnya pengalungan medali, upacara pembukaan atau penutupan, atau elemen protokoler lainnya,” kata WADA yang dikutip Detik.com dari Crash.

Baca Juga: Balapan WSBK di Sirkuit Mandalika, Tiket Mulai Dijual Pekan Depan

Lebih jauh, larangan itu berlaku segera kepada atlet/pembalap dan atau tim Indonesia. Sementara Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia_ Raja Sapta Oktohari sedang berupaya agar sanksi WADA itu bisa dicabut. Raja Sapta Oktohari akan datang ke markas IOC untuk membahas gelaran olahraga internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

Sementara itu, persiapan di Sirkuit Mandalika terus dikebut untuk menyambut balapan Asia Talent dan Superbike yang dijadwalkan digelar November nanti. Pit building dengan sistem modular tengah dipasang di sana.

Baca Juga: Dikit Lagi Jadi Gaes, Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 97%

Hal itu sebagaimana dikabarkan Mandalika Grand Prix Assosciaton (MGPA) melalui akun Instagramnya. “Membangun pit building dengan sistem modular ini adalah cara cepat untuk membangun sebuah bangunan. Capaian perhari ini sejak 2 hari yang lalu yang progresnya terus dilakukan siang dan malam. Semangat buat tim wika modular,” tulis di akun tersebut, Minggu (17/10/2021).

Perangkat pit building modular yang diproduksi oleh WIKA Modular disebut telah tiba di Sirkuit Mandalika pada Jumat (15/10/2021). Pit Modular tersebut mempunyai sistem bongkar pasang yang lebih efisien, praktis dan cepat .

Menurut rencana, ada 50 ruang pit yang masing-masing memiliki lebar 5,24 meter dan panjang 18,34 meter.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Perlu diingat, mengendarai motor saat musim hujan diperlukan kewaspadaan yang lebih tinggi dibanding musim panas.

Ramalan di Balik Misi Suntik Mati Kendaraan Bensin dan Solar

Ramalan di balik skenario suntik mati kendaraan berbahan bakar minyak untuk misi pengurangan emisi karbon.

Modifikasi Toyota Yaris, Mirip Mobil Superhero Batman?

Modifikasi Toyota Yaris di Californias Amerika Serikat terbilang ekstrem sehingga terlihat nyleneh dan mirip mobil Batman.

Ini Spesifikasi Kawasaki Z800 yang Dibawa Kabur di Kartasura

Kawasaki Z800 sepeda motor sport dengan harga di atas Rp200 juta ini menarik perhatian penggemar motor gede di segmen street fighter.

40 Mobil Listrik Hyundai Dukung Pertemuan Sherpa Presidensi G20

Mobil resmi yang didukung Hyundai terdiri dari 20 unit IONIQ Electric dan 20 unit KONA Electric yang akan digunakan sebagai mobil operasional di ajang Sherpa G20.

Toyota Luncurkan All New Avanza dan All New Veloz di Candi Prambanan

Dipilihnya Candi Prambanan karena adanya semangat All New Avanza dan All New Veloz, sebagai produk MPV yang telah menemani keluarga Indonesia selama kurang lebih 18 tahun.

Matik Italia Aprilia SR GT Pesaing Honda ADV150?

Motor matik bergenre adventure kelas ringan, Honda ADV150 bakal punya pesaing, yakni Aprilia SR GT dari Italia.

Ini Kiat Lulus Ujian Teori & Praktik SIM C, Biar Enggak Bikin Malu!

Berikut ini terdapat tips dan trik agar lulus ujian teori dan praktik SIM C dengan baik. Kira-kira apa saja ya?

Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Persembahkan Kemenangan untuk Ayah

Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia.

Layaknya Pesawat, Mobil Juga Dilengkapi Black Box, Ini Fungsinya

Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini. Black Box pada mobil sudah mulai dikembangkan sejak 1994. Amerika Serikat menjadi negara yang sudah menerapkan teknologi ini.

Astra Motor Jateng dan Komunitas Honda CBR Dukung Pebalap Indonesia

Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah bersama PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak sejumlah 35 anggota komunitas CBR dalam rangkaian kegiatan “Mandalika World Superbike 2021.

Capaian Positif Mitsubishi Motors di Ajang GIIAS 2021

Partisipasi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mendapat sambutan positif.

Ini Bukti Hyundai Mantap Pimpin Era Elektrifikasi di Indonesia

Selama event GIIAS 2021, Hyundai menampilkan jajaran produk EV andalan, yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric.

Menjawab Rasa Penasaran Platform DNGA di Daihatsu All New Xenia

Desain mobilnya pun mengikuti gaya hidup modern yang stylish, ini pula yang terasa di Daihatsu All New Xenia.

Yuk Intip Koleksi Mobil Ole Gunnar Solskjaer yang Baru Dipecat MU

Mantan manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer dikenal memiliki koleksi kendaraan, khususnya mobil yang cukup mewah.

Mengenal Hyundai Creta: Produksi Dalam Negeri, Fitur Bisa Pilih Sendiri

Hyundai menawarkan berbagai fitur canggih yang menjadikan Creta sebagai produk unggulan dan terdepan di kelasnya.