Setelah Solo dan Sekitarnya, Kini Dentuman Misterius Terdengar di Bandung
Ilustrasi peta Jawa (Istimewa/BMKG)

Solopos.com, BANDUNG — Suara dentuman misterius terdengar di Kota Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (21/5/2020) sekitar pukul 09.30 WIB. Belum diketahui secara pasti suara dentuman tersebut berasal dari mana.

Dentuman misterius itu terdengar beberapa kali. Suara dentuman itu terdengar lebih dari lima kali.

Kejadian itu dibenarkan oleh warga Kota Bandung, Wiwi. “Iya kedengaran [suara dentuman],” kata warga Ujungberung, Bandung, Wiwi, melalui pesan singkat seperti dikutip dari Detik.com, Kamis.

Antar Kepala Ayam Isi Narkoba ke LP, Warga Klaten Ditangkap

Warga lainnya membenarkan kejadian dentuman misterius di Bandung tersebut. Tidak hanya di Kota Bandung, suara dentuman tersebut terdengar juga di Kabupaten Bandung.

“Saya juga di Banjaran terdengar,” kata Ilyas via pesan singkat.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, Tony Agus Wijaya, belum dapat memberikan penjelasan.

PLN Jateng-DIY Tiadakan Pemadaman Listrik Selama Lebaran

Dia mengatakan BMKG Bandung belum dapat memberi keterangan terkait kejadian tersebut. Apalagi tidak ada rekaman suara dentuman yang akan membantu BMKG melakukan analisis.

“Info masih subyektif. Lebih baik kalau ada rekaman suara atau rekaman video dari HP [handphone]. Sementara saya no comment,” kata dia, Kamis.

Ada Rekaman Video Dentuman

Dia mencontohkan saat dentuman misterius di Jabodetabek beberapa waktu lalu, ada rekaman video.

“Kalau yang dentuman di Jabodetabek bulan lalu, ada rekaman suara dentuman dari video. Dan ada saksi yang tidak anonim sehingga bisa kita tindak lanjuti,” tambah dia.

10 Berita Terpopuler: Ganjar Sesalkan Izin Salat Id di Karanganyar-Rapid Test Massal di Joyotakan

Menanggapi kejadian dentuman misterius di Bandung tersebut, Tony memastikan akan mencari penyebab dentuman itu terjadi. “Oke kita cek sebentar, dari faktor gempa dan cuaca,” ujar dia.

Sebelumnya, suara dentuman misterius juga terdengar di sebagian daerah di Jawa Tengah, termasuk Solo dan Sragen.

Seorang warga Sragen, Mariyana, kepada Solopos.com, Senin (11/5/2020), mengatakan suara dentuman terjadi Senin jelang pukul 01.00 WIB. Saat itu dirinya sedang menonton televisi (TV).

Difabel Semarang Tawarkan Masker Transparan

Mariyana dan keluarganya tinggal di Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen Kota, Kabupaten Sragen.

“Sekitar jam 00.000 WIB atau jelang 01.00 WIB. Tengah malam. Suaranya keras, padahal saat itu saya juga menyalakan TV dan suaranya keras. Suara dentuman seperti trafo meledak atau ban truk meletus,” jelas Mariyana.

Ulama Mesir: Salat Id di Rumah Tak Boleh Bermakmum ke TV

Kala itu, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, memastikan suara dentuman misterius yang terdengar di beberapa daerah di Jawa Tengah (Sragen, Boyolali, dan Solo) tidak terkait dengan aktivitas seismik (gempa tektonik) baik yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal (Baribis Kendheng, dll.) maupun aktivitas zona subduksi selatan Jawa.

“Dari hasil monitoring yang dilakukan oleh BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, dentuman tidak terkait dengan aktivitas seismik baik yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal maupun aktivitas zona subduksi selatan Jawa,” jelas dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho