SOLOPOS.COM - Tuntas Subagyo (Solopos.com-Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Ketua organisasi kemasyarakatan atau ormas Panji-Panji Hati yang lebih dikenal dengan Tikus Pithi Hanata Baris, Tuntas Subagyo, mengungkapkan niatnya maju sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

Sebelumnya, Tuntas pernah akan diusung sebagai calon presiden dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun rencana itu kandas lantaran undang-undang (UU) tidak mengatur adanya calon presiden (capres) dari jalur perseorangan. Para anggota Tikus Pithi Hanata Baris Solo sempat melakukan aksi massa di depan Kantor KPU Solo.

Masjid Mirip Grand Mosque Abu Dhabi Di Gilingan Solo Dibangun Akhir Agustus

Berdasarkan catatan Solopos.com, aksi Tikus Pithi menuntut adanya ruang bagi calon presiden jalur perseorangan itu dilakukan pada 3 Januari 2019.

Dalam aksi mereka, anggota Tikus Pithi Hanata Baris mementaskan kesenian reog dan membentangkan spanduk bertuliskan usulan perlunya capres independen.

Mereka juga membagikan stiker bertuliskan Aksi Damai 2019 Melu Mas Tuntas Independen Menuju Indonesia Satu Indonesia Mandiri. Tikus Pithi menilai UU Pemilu belum mengakomodasi secara penuh amanat dari UUD 1945.

Disdik Solo Mulai Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka, Akan Ada Simulasi di Luar Sekolah

Salah satunya regulasi yang mengatur hanya partai politik atau parpol yang bisa mencalonkan capres-cawapres. Saat diwawancarai wartawan, Rabu (19/8/2020), di Solo, Tuntas mengakui gerakan yang dilakukan Tikus pithi Hanata Baris itu.

Bahkan menurut dia keinginan Tikus Pithi Hanata Baris mengusung calon presiden jalur perseorangan sudah muncul sejak Pilpres 2014. “Itu memang sudah niatan kami sejak 2014. Teman-teman mengusulkan capres independen,” ujar dia.

Surat Petisi

Tuntas mengatakan gerakan yang sama dilakukan menjelang Pilpres 2019. Bahkan kala itu anggota Tikus Pithi Hanata Baris dari seluruh Indonesia menyerahkan surat petisi tulisan tangan bertanda tangan asli setiap personelnya.

Ketua Bawaslu Solo & Anggotanya Dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Kenapa?

Surat petisi yang menurut Tuntas mencapai sembilan juta lembar itu diberikan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dan MPR. “Satu kontainer surat petisi kami berikan ke MK, satu kontainer lagi kami serahkan ke MPR,” tutur dia.

Ribuan anggota Tikus Pithi Hanata Baris dari berbagai penjuru Tanah Air berkumpul di depan Gedung DPR/MPR kala itu. “Alhamdulillah saat itu aksi teman-teman berlangsung aman dan tertib walau jumlahnya ribuan,” kata dia.

Satgas Covid-19 Solo Catat 4 Kasus Positif Baru, Pasien Suspek Naik Kelas Terus Bertambah

Menurut Tuntas, Tikus Pithi Hanata Baris berencana mendatangi kembali Gedung MPR untuk menanyakan tindak lanjut petisi usulan agar Pilpres 2024 memberikan ruang bagi figur atau calon presiden jalur perseorangan.

Mengenai capres perseorangan yang akan diusung Tikus Pithi Hanata Baris, dia menyerahkan sepenuhnya kepada para anggota. Jika seluruh anggota masih menghendaki dirinya, Tuntas pun menyatakan bersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya