Setelah Malaysia Libas Singapura, Garuda!

Timnas Indonesia akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

 Striker Timnas Indonesia asal PSS Sleman, Irfan Jaya, merayakan selebrasi setelah mencetak gol, Minggu (19/12/2021). (pssi.org)

SOLOPOS.COM - Striker Timnas Indonesia asal PSS Sleman, Irfan Jaya, merayakan selebrasi setelah mencetak gol, Minggu (19/12/2021). (pssi.org)

Solopos.com, KALLANG — Tim Nasional (Timnas) Indonesia harus bisa melewati tuan rumah Singapura untuk bisa memperpanjang target menjuarai Piala AFF 2020.

Sementara di partai lain, dua tim kuat yakni Vietnam dan Thailand akan saling bunuh untuk bisa melaju ke final.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Hasil impresif Tim Garuda didapat setelah dalam pertandingan terakhir Grup B Piala AFF membantai Malaysia 4-1 pada Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Indonesia menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 sedangkan Vietnam tampil sebagai runner up setelah di pertandingan lain menghajar Kamboja 4-0.

Meski sama-sama mengoleksi 10 poin, Timnas Indonesia unggul dalam hal produktivitas gol. Dengan begitu, Timnas Indonesia akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Sementara Vietnam akan menantang Thailand untuk bisa melaju ke partai puncak kompetisi sepakbola terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Empat gol kemenangan skuad Garuda dipersembahkan oleh Irfan Jaya (dua gol), Pratam Arhan, dan Elkan Baggott yang mencetak gol perdana untuk Timnas Indonesia.

Laga penentuan harus dilakoni skuad Garuda di National Stadium, Singapura agar bisa melaju ke semifinal Piala AFF 2020.

Pada laga krusial itu Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu di menit 13 lewat gol dari Kogileswaran Raj. Untungnya Irfan Jaya hadir sebagai penyelamat karena mampu menyamakan kedudukan lewat golnya di menit 36.

Tak hanya itu saja, Irfan justru mampu membalikkan keadaan lewat gol keduanya pada menit ke-43.

Penampilan apik Irfan Jaya memang membuat lini pertahanan Malaysia kalang kabut. Irfan memperlihatkan dirinya bahwa ia memang salah satu pemain yang patut diwaspadai.

Baca Juga: Piala AFF 2020: Indonesia Tahan Imbang Vietnam 0-0 

Skor 2-1 itu pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Sementara itu, pada laga lainnya yang mempertemukan Vietnam kontra Kamboja, The Golden Star –julukan Timnas Vietnam– sanggup menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Memasuki babak kedua, Malaysia memasukkan bek baru, yakni Dominic Tan untuk menjaga lini belakang mereka. Sementara Timnas Indonesia juga melakukan hal yang sama karena menarik Ramaai Rumakiek dan memasukkan Elkan Baggott.

Kendati begitu, nyatanya Timnas Indonesia masih mendominasi jalannya laga dan terus menggempur pertahanan Harimau Malaya. Usaha demi usaha dilakukan.

Gol yang dinanti pun baru datang pada menit 50 lewat aksi Pratama Arhan. Pratama mencatatkan namanya di papan skor seusai memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya. Unggul 3-1 tak membuat Timnas Indonesia merasa puas.

Serangan terus dilakukan dan skor pun bertambah di menit ke-82. Adalah Elkan Baggott yang berhasil menyempurnakan kemenangan Timnas Indonesia menjadi 4-1. Baggott sukses menyundul umpan sepak pojok dari Evan Dimas yang baru masuk di pertengahan babak kedua.

Skor 4-1 itu pun bertahan hingga laga berakhir. Timnas Indonesia berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-4-2):

Nadeo Arga Winata (kiper), Ezra Walian, Witan Sulaiman, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Fachruddin, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Alfeandra Dewangga. Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi (kiper), Dion Cools, Muhammad Syahmi, Putera Nadher, Baddrol Bin Bachtiar, Safawi Rasid, Aiman Hanapi, Kogileswaran RAJ, Rizak Ghazali, Syafiq Ahmad, Faisal Halim.
Pelatih: Tan Cheng Hoe

Sumber: Okezone

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Siaran Langsung Piala AFF U-19 2022 Hari Ini, Ada Indonesia Vs Thailand

Duel klasik antara Timnas Indonesia Vs Thailand akan tersaji di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Rabu (6/7/2022) pukul 20.00 WIB.

Lewat Instagram Stories Pelatih Thailand Waspadai Kapten Marselino

Pelatih Thailand Salvador Garcia memberikan catatan khusus kepada bintang Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan.

Rekor Buruk Shin Tae-yong Bayangi Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand

Shin Tae-yong (STY) memiliki rekor buruk tidak bisa mengalahkan Thailand di berbagai level usia sejak menangani Indonesia.

Indonesia vs Thailand di Piala AFF U-19, Ini Permintaan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (STY) mengatakan butuh dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menaklukkan Thailand yang kini memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-19.

Jadwal Grup A Piala AFF U-19 Hari Ini, Bigmatch Indonesia vs Thailand

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (6/7) malam.

Catat Jadwal Pertandingan, Siaran Langsung Piala AFF U-19 2022 Hari Ini

Di laga kedua di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Rabu (6/7/2022) pukul 20.00 WIB dilangsungkan duel klasik antara Timnas Indonesia melawan Thailand.

Indonesia Vs Thailand di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong Butuh Ini

Sejak menangani Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019, Shin Tae-yong sudah tiga kali bertemu dengan Timnas Thailand, yakni dua kali di timnas senior dan sekali di timnas U-23.

Semifinal Piala Presiden: Hadapi PSIS, Arema Bawa 22 Pemain ke Semarang

Arema FC membawa 22 pemain ke Semarang untuk menghadapi PSIS Semarang pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2022.

Resmi! Christophe Galtier Jadi Pelatih Baru PSG Gantikan Pochettino

Christophe Galtier melatih Nice pada 2021 setelah musim sebelumnya memimpin Lille dalam menjuarai Liga Prancis pertama klub itu sejak 2011.

Klasemen Terbaru Grup B Piala AFF U-19 2022, Persaingan Sangat Ketat

Pada penyisihan Grup B Piala AFF U-19 2022, Kamis (7/7/2022), Malaysia Vs Singapura pada pukul 15.00 WIB dan Laos Vs Kamboja pada pukul 19.00 WIB.

Bursa Transfer Pemain Liga Inggris: Tyrell Malacia Rekrutan Pertama MU

MU tidak mengungkapkan nilai transfer sang pemain tetapi media massa Inggris menyebut biaya transfer untuk pemain berusia 22 tahun itu mencapai 13 juta poundsterling (Rp233 miliar) ditambah "add-ons" 1,7 juta poundsterling (Rp30,5 miliar).

Wow! Tiket Semifinal Piala Presiden 2022 PSS vs Borneo FC Ludes Terjual

Tiket pertandingan semifinal leg pertama antara PSS Sleman vs Borneo FC Samarinda ludes terjual.

Kejutan, Timor Leste Benamkan Singapura di Grup B Piala AFF U-19 2022

Timor Leste mengantongi poin penuh dengan mengalahkan Singapura di Grup B Piala AFF 2022 lewat gol Donasio.

Ngeri! Ini Rekor PSIS hingga Lolos Semifinal Piala Presiden 2022

PSIS Semarang mencetak beberapa rekor di Piala Presiden 2022 di antaranya tidak pernah kalah dalam lima pertandingan yang sudah dijalani.

Laga Uji Coba, Persis Solo Hadapi Persik Kediri?

Persik Kediri disebut-sebut mengagendakan laga uji coba dengan sejumlah tim termasuk di dalamnya adalah Persis Solo.

Jadwal Malaysia Masters 2022, Ada Apriyani/Siti Fadia Hadapi Thailand

Sesuai jadwal Malaysia Masters 2022 yang dirilis BWF, Selasa (5/7/2022) malam WIB, sebanyak 14 wakil Indonesia akan berlaga pada hari kedua, Rabu (6/7/2022).