Tutup Iklan
Ilustrasi menguap (coentrytelegraph)

Solopos.com, SOLO-Setelah makan siang, tubuh mendapat asupan nutrisi dan energi untuk kembali melanjutkan aktivitas. Namun, alih-alih berenergi, mata terasa begitu berat dan kantuk pun menyerang. Apakah Anda kerap merasakan hal ini? Bila ya, Anda tak sendiri, ada banyak individu mengalami hal yang sama.

Dikutip dari laman Times of India dan ditulis liputan6.com, belum lama ini, ahli nutrisi dan fitnes, Luke Countinho, menjelaskan ada dua hal yang menyebabkan seseorang mudah http://soloraya.solopos.com/read/20180609/492/921451/sopir-mengantuk-jazz-tabrak-water-barrier-di-tol-boyolali" title="Sopir Mengantuk, Jazz Tabrak Water Barrier di Tol Boyolali">mengantuk seusai makan siang. Pertama, ketika makanan yang diasup lebih banyak dari yang diperlukan tubuh maka kadar insulin meningkat tajam. Menurut Coutinho, meningkatnya pelepasan insulin juga akan memicu produksi hormon tidur. Itulah yang menyebabkan Anda mengantuk seusai makan siang.

"Ketika Anda makan lebih dari yang diperlukan tubuh, kadar insulin Anda akan melonjak. Apapun makanan yang Anda http://news.solopos.com/read/20180904/496/937838/rupiah-anjlok-sri-mulyani-batasi-impor-barang-konsumsi" title="Rupiah Anjlok, Sri Mulyani Batasi Impor Barang Konsumsi">konsumsi, pankreas memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula darah. Ketika Anda makan lebih banyak, pankreas juga harus memproduksi lebih banyak insulin. Dengan meningkatnya pelepasan insulin, ada dua hal yang terjadi, tubuh Anda memproduksi hormon tidur dan hormon itu mencapai ke otak yang kemudian dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Melatonin ini juga merupakan hormon tidur," jelas Coutinho.

Begitu pula saat Anda mengonsumsi menu tinggi karbohidrat saat makan siang. Tubuh akan mengeluarkan banyak energi untuk mencerna makanan berat tersebut. "Saat Anda makan berlebihan, sistem pencernaan Anda menggunakan 60-75 persen energi tubuh untuk mencerna makanan. Oleh karenanya tubuh Anda mengalihkan energi dari anggota tubuh lainnya pada sistem pencernaan," ujar Coutinho.

Saat tubuh harus mengeluarkan banyak energi untuk mencerna http://madiun.solopos.com/read/20180715/516/927987/polisi-ambil-sampel-makanan-pemicu-keracunan-massal-ngawi" title="Polisi Ambil Sampel Makanan Pemicu Keracunan Massal Ngawi">makanan itulah yang menyebabkan kantuk datang. Tak hanya menu tinggi karbohidrat yang menyebabkan Anda mengantuk usai makan siang, menu kaya protein pun berdampak sama.
Jadi, baiknya hindari makan berlebih serta menu tinggi karbohidrat atau protein saat makan siang agar tak mudah mengantuk setelahnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten