SOLOPOS.COM - Gondola serta jembatan gantung menjadi akses baru menuju Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Foto diambil Januari 2022. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENGirpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang dinobatkan sebagai juara I kategori dataran tinggi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022. Agar tak membosankan, pengembangan di kawasan Girpasang dan sekitarnya terus dilakukan.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Purnama, mengatakan terpilihnya Girpasang sebagai juara I kategori dataran tinggi pada ajang API Award 2022 menjadi tantangan bagi Pokdarwis, warga, dan pemerintah desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tentu kami senang dengan penghargaan. Ini menjadi tantangan bagi kami meningkatkan Potensi di Desa Wisata Tegalmulyo agar pengunjung tidak bosan ketika datang ke Girpasang dan sekitarnya,” kata Purnama saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (28/11/2022).

Purnama menjelaskan pengembangan potensi terus dilakukan. Warga membuat spot selfie Perahu Bibi di kampung Girpasang. Pengembangan kawasan Girpasang mendapatkan dukungan dari alumni UGM 1987 yang menginisiasi peluncuran kebun buah, Minggu (27/11/2022).

Disinggung tempat penginapan di sekitar Girpasang, Purnama menjelaskan ada beberapa penginapan yang disiapkan jika ada pengunjung yang ingin menginap di homestay yang ada di Girpasang dan sekitarnya.

Baca Juga: Tambang Pasir Ilegal, Mbah Maridjan Ingatkan Empat Bupati Soal Merapi Nesu

“Di Girpasang dan dukuh di seberangnya [Dukuh Ngringin] itu ada penginapan, homestay serta Pondok Wisata yang siap digunakan pengunjung ketika ada kegiatan atau menginap secara keluarga. Di Ngringin itu ada sekitar tiga rumah yang bisa menjadi homestay. Kemudian di Girpasang itu juga ada Pondok Wisata dan homestay milik warga,” kata Purnama.

Selain di Girpasang, ada lokasi lain yang disiapkan Pokdarwis dan pemerintah desa menjadi daya tarik wisata. Lokasi tersebut berada di kawasan Embung Tirta Mulya. Saat ini, penataan kawasan tersebut masih terus dilakukan.

“Rencananya mengembangkan area dan wahana ATV serta camping ground. Rencana akan diluncurkan menjelang akhir Desember,” ungkap dia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, bangga Girpasang menjadi objek wisata terbaik di Indonesia untuk kategori dataran tinggi di API Award 2022 di antara nominasi destinasi wisata dataran tinggi lainnya di Indonesia yang tak kalah menarik.

Baca Juga: Pesona Girpasang Klaten, Destinasi Wisata Dataran Tinggi Terbaik Se-Indonesia

“Girpasang keren ya. Padahal pesaingnya itu juga cakep-cakep. Penghargaan ini patut disyukuri dan tentunya untuk keberlanjutan panorama alam yang keren ini tetap dijaga,” kata Mulyani.

Mulyani meminta para pelaku usaha, terutama kuliner yang bermunculan di kawasan Girpasang dan sekitarnya menjaga kebersihan lapak.

“Tempat dagangannya tertata rapi, dijaga kebersihan, keramahan penjualnya, serta menu yang khas,” kata Mulyani.

Mulyani menilai kopi yang diproduksi warga di lereng Gunung Merapi bisa menjadi daya tarik.

Baca Juga: Selamat! 2 Destinasi Wisata Klaten Raih API Award, Girpasang Juara I

“Di sana ada Kopi Merapi dan Kopi Sapuangin. Ini bisa menjadi saya tarik bagi para pecinta kopi,” jelas dia.

Sebagai informasi, Girpasang merupakan dukuh di punggung bukit lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Perkampungan itu dihuni belasan keluarga.

Girpasang terpisahkan jurang dengan perkampungan lainnya di Tegalmulyo. Sebelumnya, satu-satunya akses menuju kampung itu berupa anak tangga di tepian jurang yang dikenal dengan nama 1.001 anak tangga.

Belakangan, ada beberapa akses yang bisa digunakan menuju kampung itu. Ada gondola penumpang terbentang sejauh 138 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dan Dukuh Girpasang. Gondola penumpang itu mulai dioperasikan sejak 2021.

Baca Juga: Ini Dia Kopi Petruk Kemalang, Kualitas Terbaik di Lereng Merapi Klaten

Kemudian, ada jembatan gantung yang dibangun pemerintah pusat terbentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dan Girpasang.

Jembatan gantung itu diresmikan pada 20 Januari 2022. Wisata Girpasang mulai berkembang seiring ada penambahan fasilitas gondola penumpang hingga jembatan gantung yang terbentang di atas jurang menuju Girpasang.

Selain menikmati keindahan alam di kawasan Girpasang dan sekitarnya yang masih asri, pengunjung bisa menikmati kuliner di kawasan Girpasang dan sekitarnya. Warung-warung kopi bermunculan.



Di Dukuh Girpasang, ada menu nasi jagung dan ingkung bikinan warga di warung yang didirikan warga di Girpasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya