Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Sebaiknya Makan Apa Ya?
Ilustrasi disuntik vaksin (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah berjalan. Nah, agar tubuh tidak tumbang setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19 ada sejumlah makanan tertentu yang bisa jaga imunitas tubuh.

Simak ulasan tentang makanan setelah disuntik vaksin Covid-19 di tips kesehatan kali ini. Vaksin Covid-19 mungkin menyebabkan efek samping ringan tertentu pada beberapa orang. Meskipun jumlah orang yang mengalami efek samping rendah, sesuai dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, seseorang mungkin mengalami beberapa efek samping yang merugikan dari penggunaan vaksin Covid-19.

Menurut para ahli, efek samping ini adalah akibat dari peradangan yang terjadi di dalam tubuh Anda. Tubuh Anda bereaksi terhadap protein lonjakan dan bekerja untuk melawan infeksi yang dirangsang. Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum saat sistem kekebalan Anda melawan sesuatu.

Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mendukung pemulihan yang cepat setelah disuntik vaksin Covid-19. Sangat disarankan untuk memiliki makanan yang memiliki kandungan air tinggi.

Baca Juga:  Jadi Serial Drama Terbaik Golden Globe, Ini Fakta "The Crown"

Setelah disuntik vaksin Covid-19, CDC merekomendasikan untuk minum banyak air, karena cairan penting untuk pemulihan. Ini berarti makanan anti-inflamasi yang dapat menghidrasi Anda dapat sangat membantu pemulihan. Jika Anda merasa tidak enak badan setelah mendapatkan vaksin Covid-19, sup kaldu seperti minestrone, atau sup kaldu tulang sangat bagus untuk Anda. Jika sup Anda memiliki makanan peningkat kekebalan lainnya seperti kangkung, kacang-kacangan, lentil, kentang, brokoli, itu lebih baik. Sup juga dikenal sebagai makanan anti inflamasi yang menghidrasi.

Dikutip dari Bisnis.com, Jumat (5/3/2021), jika Anda bukan vegetarian dan harus memilih sup setelah disuntik vaksin Covid-19, sup ayam adalah pilihan terbaik Anda. Menurut Jurnal CHEST, sup ayam sebenarnya memiliki efek pengobatan yang bermanfaat dan memiliki efek antiinflamasi ringan. Meskipun tidak jelas persis elemen mana yang membantu, semua elemen klasik termasuk ayam, wortel, seledri, peterseli, garam, dan merica semuanya membantu melawan peradangan. Kaldu tulang memiliki asam amino yang disebut glisin dan arginin, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Jadi, jika Anda tidak ingin makan apa pun, Anda cukup menyesap secangkir kaldu tulang.

Baca Juga: Wah Keren! 4 Artis K-Pop Ini Taat Bayar Pajak Loh

Mengutip Telegraph, penelitian di India justru menunjukkan tidak ada makanan tertentu yang harus dimakan setelah disuntik vaksin Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan pola makan yang lebih seimbang dan beragam termasuk buah-buahan, sayuran, protein hewani selain makanan pokok sangat penting dalam meningkatkan gizi masyarakat, terutama anak-anak dan wanita.

Sementara itu tak ada makanan yang lebih dianjurkan dibanding makanan dengan gizi seimbang sebagai makanan setelah divaksin. Pasalnya tak ada makanan yang bakal langsung memberi peningkatan kekebalan seusai vaksin, mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan yang sehat.

Baca Juga: Berat Badan Turun Pertanda Diet Sukses? Cek Faktanya

Mengutip Eating Well, makanan tertentu, terutama probiotik, dapat memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kamu tetap sehat dan mampu melawan bakteri dan virus. Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, yogurt dan makanan fermentasi, seperti kimchi dan sauerkraut, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat untuk mendapatkan hasil maksimal.



Berita Terkini Lainnya








Kolom