SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–DPR sudah memilih tujuh komisioner Komisi Yudisial (KY) dan akan dilantik langsung oleh Presiden SBY siang nanti. Setelah itu, tugas pertama mereka adalah berembuk untuk menentukan siapa yang menjadi ketua.

Dalam seleksi di DPR, ada tujuh nama yang terpilih sebagai komisioner, mereka adalah Eman Suparman, Abbas Said, Ibrahim, Imam Anshori Saleh, Taufiqurrahman Syahuti, Suparman Marzuki, dan Jaja Ahmad Jayus. Para calon tersebut mampu menggusur ratusan pendaftar dari seluruh negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tampil sebagai peraih suara terbanyak adalah Eman Suparman dengan 51 suara. Sementara Abbas Said ada di peringkat kedua dengan 42 suara yang disusul kemudian oleh Imam Anshori Saleh (40 suara), Taufiqurrahman Syahuti (39), Suparman Marzuki (38), Jaja Ahmad Jayus (37) dan Ibrahim (36).

Ekspedisi Mudik 2024

Lalu bagaimana proses agar terpilih menjadi ketua? Sekjen KY Muzayin Mahbub menjelaskan, proses pemilihan ketua KY akan dilakukan secara internal. Tujuh komisioner KY akan bermusyawarah guna mencari pemimpin mereka.

“Biasanya prosesnya setelah pengambilan sumpah, lalu serah terima, baru pilih ketua,” kata Muzayin, Minggu (19/12).

Jika musyarawah tidak tercapai, kemungkinan pemilihan akan dilakukan dengan suara terbanyak.

Rencananya, serah terima jabatan komisioner KY baru dilakukan, Selasa (21/12/) mendatang. Namun khusus untuk pemilihan ketua, Muzayin belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanannya.

“Kalau dulu itu kan agak lama karena belum ada perangkat sama sekali. Kalau sekarang kemungkinan cepat,” tegasnya.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya