Setelah BLK, Pemkab Karanganyar Ubah Gedung Ini Jadi Tempat Isolasi Terpusat Pasien Corona

Pemkab Karanganyar mempertimbangkan beberapa gedung untuk tempat isolasi terpusat untuk warga terkonfirmasi positif virus corona.

 Petugas Satgas Covid-19 Karanganyar menyiapkan Gedung Wanita Karanganyar sebagai lokasi baru untuk isolasi terpusat pasien positif corona, Selasa (3/8/2021). (Istimewa/Satpol PP Karanganyar)

SOLOPOS.COM - Petugas Satgas Covid-19 Karanganyar menyiapkan Gedung Wanita Karanganyar sebagai lokasi baru untuk isolasi terpusat pasien positif corona, Selasa (3/8/2021). (Istimewa/Satpol PP Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar melalui Satgas Covid-19 kabupaten menambah jumlah tempat isolasi terpusat untuk warga terkonfirmasi positif corona. Tempat itu yakni Gedung Wanita, Karanganyar.

Pemkab sudah mulai menyiapkan gedung itu tempat isolasi pada Selasa (3/8/2021). Langkah tersebut sebagai tindak lanjut dari hasil koordinasi dengan Menko Marives, Luhut Binsar Panjaitan, secara daring untuk memutus rantai persebaran Covid-19 di Karanganyar, Senin (2/8/2021).

Sekretaris Satgas Covid-19 Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, mengatakan pemerintah pusat meminta adanya tambahan tempat isolasi terpusat di daerah. Hal ini karena pemerintah pusat menilai potensi persebaran atau penambahan jumlah pasien Covid-19 terbesar justru dari isolasi mandiri.

Baca Juga: Ada Buruh Kena PHK Belum Dapat Pesangon, FKSPN Karanganyar Mengadu ke DPRD 

“Setelah adanya koordinasi dengan Menko Marives, Bupati meminta kami untuk menambah tempat isolasi terpusat selain BLK Karangpandan. Karena isolasi mandiri di rumah yang tidak memadai malah berpotensi menularkan ke anggota keluarga. Kami tindak lanjuti dan langsung kami carikan dan siapkan tempatnya,” ucap Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar tersebut kepada Solopos.com.

Sundoro mengatakan untuk saat ini tempat isolasi terpusat pasien corona Gedung Wanita Karanganyar mampu menampung 150 pasien Covid-19. Selain tempat tersebut, Satgas Covid-19 Karanganyar sudah memetakan kemungkinan menggunakan gedung kampus Unsa di Palur dan Gedung PPRBM di Colomadu.

2 Tempat Isolasi Pasien Corona

“Kalau di Unsa sebenarnya kapasitas bisa memuat banyak tapi ada pertimbangan fasilitas yang belum ada. Kalau PPRBM itu masih menunggu soal perizinan penggunaan. Untuk sementara ini yang sudah dipastikan dan sudah kami siapkan Gedung Wanita,” imbuhnya.

Baca Juga: Lowongan CPNS Apoteker Difabel Karanganyar Tidak Ada Pelamar

Saat ini Kabupaten Karanganyar memiliki dua tempat isolasi terpusat yaitu di BLK Karangpandan dan Gedung Wanita. Total kapasitas kedua tersebut sekitar 228 orang dan sudah terisi 50 orang.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Karanganyar, Yophy Eko Jatiwibowo, mengatakan personelnya diperbantukan mempersiapkan Gedung Wanita sebagai tempat isolasi terpusat. Target persiapan selesai pada Selasa petang.

“Persiapan diserahkan ke Satpol PP juga. Magrib kami targetkan sudah selesai dan nanti malam rencananya kami pel juga,” ucapnya.

Baca Juga: Dandim Karanganyar Bujuk OTG Jalani Isolasi di Tempat Isolasi Terpusat

Terkait fasilitas, Yophy mengatakan penjagaan akan dilakukan beberapa OPD dan sukarelawan. Selain itu, tempat isolasi terpusat juga akan terdapat tenaga kesehatan, instruktur senam, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Ini copy paste dengan BLK termasuk sanitasi dan penanganan sampahnya. Jadi sejak awal sudah dipersiapkan dengan baik,” imbuhnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Boyolali Genjot Vaksinasi Pelajar, Berharap PTM Digelar Penuh

Cakupan vaksinasi di Kabupaten Boyolali berdasarkan data kartu tanda penduduk (KTP) mencapai 80,14 persen.

DLH Boyolali Dorong Penanganan Sampah Rampung di RT

RT bisa mengelola sampah melalui bank sampah atau membikin galian kecil yang biasa disebut jugangan untuk menampung sampah organik.

9.000 PKL dan Warung di Wonogiri Dapat Bantuan Rp10,8 Miliar

Polres Wonogiri dan Kodim 0728/Wonogiri menjamin penyaluran bantuan senilai Rp1,2 juta/penerima itu tepat sasaran.

Dana Insentif Pemkot Solo Anjlok, dari Rp78 Miliar Jadi Rp21 Miliar

Dana insentif daerah (DID) yang diterima Pemkot Solo sebagai bentuk penghargaan atas raihan opini WTP tahun ini malah anjlok drastis.

Anggota Tikus Pithi Se-Jawa Dilatih Jurnalistik oleh Solopos Institute

Puluhan anggota Tikus Pithi Hanata Baris dari sejumlah wilayah di Jawa mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Solopos Institute di Solo.

Kebakaran di Klandungan Sragen Menimpa Dapur Rumah Warga

Kebakaran yang terjadi di Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal Sragen, menimpa dapur warga yang berdekatan dengan lokasi penyimpanan jerami. Kerugian ditaksir Rp10 juta.

SGS 2021 Jadi Harapan Pusat Perbelanjaan Solo untuk Dongkrak Transaksi

Pengelola pusat perbelanjaan di Kota Solo sangat berharap para event Solo Great Sale atau SGS 2021 bisa mendongkrak jumlah kunjungan dan transaksi di mal.

Peralihan Musim, BMKG Jateng: Waspadai Puting Beliung di Soloraya!

BMKG Jateng mengimbau warga wilayah Soloraya termasuk Sukoharjo untuk mewaspadai potensi bencana angin kencang saat peralihan musim kemarau penghujan.

Picu Kerumunan, Padang Rumput Tegalharjo Wonogiri Ditutup

Padang rumput luas di wilayah Desa Tegalharjo ini ramai dikunjungi warga setelah viral di media sosial Instagram.

Hujan Abu Tipis di Selo Boyolali, Aktivitas Warga Tetap Normal

Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Selasa malam pukul 19.41 dan 19.48 WIB.

11 Siswanya Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kepala SMPN 8 Solo

Klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM di Solo meluas ke jenjang SMP, yakni SMPN 8 dan SMPN 4 dengan total 12 siswa positif.

Tangkarkan Benih Padi, Pria Asal Kajen Klaten Raup Omzet Rp1 M/Tahun

Dalam setahun, omzet yang diperoleh Suwono, 70, bisa mencapai Rp1 miliar dengan pendapatan bersih sekitar Rp500 juta.

Awas Nabrak Lur! Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Depan TSTJ Solo

Warga berharap tiang listrik di tengah jalan depan objek TSTJ, Jebres, Solo, bisa digeser ke tepi jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.

Maling Kotak Infak di Masjid Ngawonggo Klaten Lolos dari Kejaran Warga

Sebelum menggondol kotak infak, maling berjenis kelamin pria itu sempat mondar-mandir di depan masjid.  

Breaking News! Api Melalap Hunian Warga di Klandungan Sragen

Sedikitnya tiga rumah warga Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal, Sragen dilalap api.