SOLOPOS.COM - Phaeton asteroid yang bertindak seperti komet(nationalgeographic)

Wahana antariksa Philae memberikan sinyal kembali setelah hampir setahun mati di Komet 67P.

Solopos.com, JAKARTA — Philae wahana ruang angkasa milik Badan Antariksa Eropa (ESA) tiba-tiba hidup lagi. Philae tahun lalu jatuh di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Selama setahun Philae jadi “penumpang” komet itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Space.com sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Senin (15/6/2015), memberitakan Philae tiba-tiba hidup lagi dan mengirimkan sinyal ke Bumi.

Philae  jatuh mendarat ke Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko dari pesawat ruang angkasa Rosetta November tahun lalu. Philae pada Sabtu (13/6/2015),  mengirimkan pesan selama 85 detik ke Bumi Earth melalui Rosetta.

Ekspedisi Mudik 2024

Itu adalah sinyal pertama dari Philae dalam tujuh bulan sejak wahana ruang angkasa itu diam membisu pada 15 Novermber tahun lalu setelah melakukan pendaratan bersejarah di komet tersebut.

“Philae bekerja baik sekali. Pendarat itu siap beroperasi,” kata project manager Philae Stephan Ulamec dari Pusat Antariksa Jerman (DLR).

Menurut Ulamec, Philae saat ini berada pada suhu minus 35 derajat Celsius dan punya cadangan tenaga 24 watt.

Selama mengirim data ke Bumi, Philae memancarkan 300 paket data dan paling aktif sebelum sinyal pertama mencapai Bumi Sabtu lalu, kata para pejabat ESA.

“Kami juga telah menerima data yang bersejarah, sejauh ini, sekalipun pendarat itu belum bisa mengontak kami,” kata Ulamec.

Philae adalah wahana ruang angkasa berbahan bakar surya dan berukuran setengah mesin cuci yang mendarat di Komet 67P pada 12 November  2014 setelah memisahkan diri dari induknya Rosetta.

Wahana ini sempat terguncang dua kali ketika sistem julir berbentuk jangkar miliknya gagal menghindari permukaan komet.

Wahana ini terjepit permukaan komet. Setelah sekitar 60 jam baterainya kehabisan dan mencapai hibernasi pada 15 November tahun itu.

Selama tujuh bulan terakhir, para ilmuwan misi Rosetta dan Philae di Eropa berharap begitu Komet 67P mendekati matahari, Philae akan bisa menerima sinar matahari sehingga sistemnya hidup kembali. Harapan itu sepertinya terkabul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya