SOLOPOS.COM - Para pedagang pasar ikan Kulonprogo mulai berjualan, Kamis (1/11/2012) siang. Pasar ini kembali difungsikan setelah mangkrak lebih dari satu tahun. (MG Noviarizal Fernandez/JIBI/Harian Jogja)

Para pedagang pasar ikan Kulonprogo mulai berjualan, Kamis (1/11/2012) siang. Pasar ini kembali difungsikan setelah mangkrak lebih dari satu tahun. (MG Noviarizal Fernandez/JIBI/Harian Jogja)

KULONPROGO—Setelah mangkrak lebih dari setahun, pasar ikan Kulonprogo di Gawok, Wates, diaktifkan lagi. Pedagang berharap dengan diaktifkan lagi pasar Gawok, keuntungan mereka bakal bertambah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasar ikan dijadwalkan beroperasi hari ini, Kamis (1/11/2012). Untuk acara syukuran, rencanaya bakal digelar pada Selasa (6/11/2012) dandihadiri oleh Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo.

Pasar ikan Gawok dibangun menggunakan dana APBD Provinsi DIY dan anggaran dari pemerintah pusat 2008 silam. Setelah proses pembangunan selesai, pengelolaannya diserahkan kepada pemeirntah Kulonprogo, tapi kemudian mangkrak sejak April 2011.

Dalam pengelolaannya, Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kulonprogo menjadi leading sektor, yang didukung Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan yang bertugas mengumpulkan para pedagang. Sebelum menghidupkan pasar itu, Kadis Disperindag ESDM, Djunianto mengatakan pihaknya sudah melakukan penelitian guna menghidupkan kembali pasar itu.

Menurut Hardi, salah seorang pengelola pasar ikan, ada sedikitnya 28 pedagang yang bakal menempati pasar tersebut. “Kalau untuk hari ini karena hari pertama, baru sekitar tujuh bakul yang mulai berjualan. Nanti saat tanggal enam kami akan mengkondisikan agar semua sudah bisa berjualan,” kata dia.

Terpisah, Hartono,62, salah seorang pedagang mengaku cukup senang bisa berkesempatan berjualan di tempat itu.”Semoga bisa cepat ramai dan laris dan tidak rugi sehingga sudah bisa ditarik retribusi pasar. Kalau sekarang kami masih gratis,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya