SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Youtube Espos Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Beberapa hari terakhir angka kasus Covid-19 di Kota Solo menunjukkan lonjakan. Kondisi ini sebelumnya sudah diprediksi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Saat diwawancarai Presiden Direktur (Presdir) Solopos Media Group (SMG), Arif Budisusilo, di Museum Batik Keris Solo, Senin (17/1/2022), putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengungkapkan prediksinya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Dari sisi kesehatan dan sekarang 2022 kita fokus pemulihan ekonomi. Kita dalam waktu dekat harus mengantisipasi datangnya gelombang III. Jadi Februari-Maret nanti kita harus siap datangnya Omicron di Solo,” tuturnya saat itu.

Baca Juga: Awas Omicron! Kasus Positif Covid-19 Aktif Solo Naik Jadi 119 Orang

Gibran juga mengungkapkan kesiapan Solo menghadapi lonjakan kasus pada gelombang III Covid-19. Pengalaman bergelut dengan pandemi Covid-19 dua tahun terakhir menurutnya harus jadi pelajaran.

“Saya yakin tahun ini kita lebih siap karena vaksinasi capaiannya sudah sangat tinggi. Untuk vaksinasi anak usia enam tahun hingga 11 tahun hampir selesai [saat itu]. Sekarang kita fokus vaksinasi booster atau tahap III,” urainya.

Gibran lantas memerinci kesiapan Solo menghadapi pukulan gelombang III Covid-19, mulai dari sarana prasarana (sarpras) kesehatan, rumah sakit, alat kesehatan, tenaga kesehatan, dan ketersediaan jumlah oxygen concentrator.

Baca Juga: Spesialis Patologi UNS Solo: 90% Virus Beredar Saat Ini Varian Omicron

Suplai Oksigen Aman

“Solo punya banyak sekali. Kami kemarin bagi juga ke wilayah Soloraya. Kita juga punya oxygen generator. Jadi untuk suplai oksigen di Solo, mungkin juga Jateng, kita bisa suplai semua. ISO tank juga siap semua,” katanya.

Bila dalam perkembangannya harus didirikan rumah sakit (RS) darurat, Gibran menyatakan tidak ada masalah. Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah lonjakan Covid-19 Solo kian parah.

Baca Juga: Waduh! Hasil Uji Sampel 3 Warga Solo Probable Omicron

Gibran juga menekankan komitmennya menangani pukulan gelombang III pandemi Covid-19 tahun ini. Sebab orientasi pokok Pemkot Solo tahun ini yaitu pemulihan ekonomi setelah dua tahun terpukul oleh pandemi Covid-19.

“Meskipun ada gelombang-gelombang berikutnya kita ingin kegiatan ekonomi jalan terus. Jangan sampai ada klaster di pasar, terutama di pasar tradisional. Kalau mau ekonomi pulih, ya kesehatan harus dipastikan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya