Sesepuh Pasoepati: Rekonsiliasi Suporter Solo-Jogja Perlu Bertahap!

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Momentum perdamaian antara suporter Persis Solo dengan PSIM Jogja kembali terbuka seiring kedua klub yang bakal satu grup di ajang Liga 2 2019. Namun rekonsiliasi permanen dianggap tak serta merta bisa diwujudkan mengingat sejarah panjang rivalitas klub trah Mataram tersebut. Perlu upaya bertahap dari klub maupun suporter untuk menciptakan iklim persaingan tanpa embel-embel kekerasan.

Peluang rekonsiliasi sejatinya mulai terbuka saat Brajamusti, kelompok suporter PSIM, memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-19 pada Pasoepati, 9 Februari 2019 lalu. Hanya dua hari berselang giliran Pasoepati menunjukkan empatinya saat sesepuh suporter PSIM, Guntur Artamadji Sugiharto, meninggal dunia.

Wakil Presiden Pasoepati, Surya Panca, saat itu mengatakan Pasoepati selalu terbuka dengan ide rekonsiliasi suporter, termasuk dengan Brajamusti. Sebelumnya Presiden Brajamusti, M. Burhanudin, juga menunjukkan sikap serupa dengan membuka ruang dialog dengan suporter Solo.

Namun hubungan suporter kedua klub kembali menghangat saat Brajamusti dan The Maident menolak rencana homebase sementara Persis di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sesepuh Pasoepati, Mayor Haristanto, mengatakan kepastian Persis satu grup dengan PSIM sebenarnya adalah momentum tepat untuk merukunkan suporter Solo dan Jogja.

Namun Mayor menilai rekonsiliasi tersebut belum dapat segera terwujud. “Rasanya tensinya masih tinggi, terutama di suporter akar rumput. Perlu upaya bertahap dan konsisten dari kedua belah pihak,” ujar Mayor saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/5/2019).

Mayor mengatakan upaya perdamaian bisa dilakukan dengan memberi kuota bagi suporter lawan saat pertandingan. Namun kuota tersebut disarankan tak terlalu banyak untuk mengantisipasi gesekan antarsuporter.

“Suporter lawan bisa diwakili utusan yang berjumlah sangat terbatas. Misal 50 orang pengurus untuk saling tandang. Sebelum pertandingan juga bisa saling tukar syal atau jersey untuk mendekatkan kedua suporter secara psikologis. Selain itu, suporter perlu mendorong adanya duta perdamaian yang bisa menjembatani rekonsiliasi,” tutur Mayor.

Kelompok suporter Persis yang tergabung dalam Surakartans mengaku tak mempermasalahkan Persis satu grup dengan PSIM. Perwakilan Surakartans, Adith, bahkan mengklaim anggota kelompoknya gembira bisa kembali bersua dengan Brajamusti dan suporter PSIM lain. “Keputusan sudah dibuat, suporter harus support di laga kandang maupun kandang. Derby Mataram bisa menjadi klimaks untuk mengukur sejauh mana kesiapan Persis promosi ke Liga 1.”

Sementara itu, Manajer Persis, Setiawan Muhammad, bakal mengupayakan laga Persis melawan PSIM dapat menjadi wadah rekonsiliasi suporter. Pihaknya sepakat tentang adanya perwakilan suporter lawan di setiap laga Derby Mataram. “Konsep itu memang akan kami dalami bersama manajemen PSIM. Kami sendiri mendorong suporter juga proaktif,” ujarnya. 


Berita Terkait

Berita Terkini

106 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Kudus

Sebelum angin kencang, terjadi hujan deras yang disertai angin kencang

Sakit Menahun, Nenek-Nenek Asal Selogiri Wonogiri Gantung Diri

Diduga nenek asal Selogiri itu mengalami depresi karena sudah lama sakit asam urat sehingga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Waduh! Polantas yang Pacaran Pakai Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengakui anggota polantas, Bripda Arjuna Bagas, yang diperiksa Propam gara-gara menggunakan mobil dinas PJR untuk pacaran adalah adik iparnya.

Pelaksanaan PTM, 54 Siswa dan Guru di Bandung Positif Covid-19

Hasil dari tes usap PCR secara acak yang dilakukan sejak 15 oktober hingga 19 Oktober 2021

Adik Ipar Ahok Pacaran Pakai Mobil Patroli Polisi Terancam Dicopot

Adik ipar Ahok, Bripda Arjuna Bagas terancam dicopot dari satuannya karena diduga menggunakan mobil dinas patroli jalan raya (PJR) untuk pacaran.

RUPTL Terbaru Masih Memberi Ruang Luas bagi Energi Kotor

Pemerintah akan membuka peran perusahaan listrik swasta atau independent power producer (IPP) untuk pengembangan pembangkit berbasis energi baru terbarukan.

Pakar Komunikasi UNS Solo: Ganjar Calon Kuat Capres 2024, Malu-Malu Mau

Pakar komunikasi politik UNS Solo menilai Ganjar Pranowo adalah kandidat kuat sebagai capres di Pilpres 2024, tapi masih malu-malu.

Jokowi Gunakan P6 ATAV V1 Rantis Paspampres di Kalimantan, Ini Wujudnya

Mengenalkan kendaraan serang taktis yang diproduksi di dalam negeri

Selang 18 Menit, Gempa M 4,8 Guncang Laut Selatan Yogyakarta

Gempa bumi juga terjadi di laut selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.39 WIB.

Bupati Sragen: Dana Abadi Pesantren Jadi Kado Terindah di Hari Santri

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengatakan pada Hari Santri 2021, para santri mendapat kado istimewa dari Presiden berupa Perpres No. 82/2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang di dalamnya ada dana abadi pesantren.

Malang Berguncang Gara-gara Gempa Magnitudo 5,3

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 terjadi di Kabupaten Malang pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.21.15 WIB.

Kabar Bahagia: Jessica Iskandar Menikah Hari Ini

Kabar bahagia datang dari kalangan artis, Jessica Iskandar menikah dengan pujaan hatinya yang bernama Vincent Verhaag hari ini, Jumat (22/10/2021).

Akun Pemkot Solo Kembali Diretas, Gibran: Tak Perlu Ganti Akun!

Meski sudah beberapa kali diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Gibran menegaskan tidak akan membuat akun instagram baru.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

Round Up: Kunci Sukses Bos Wong Solo, Sukoharjo Izinkan Hiburan Musik

Puspo Wardoyo membeberkan kunci sukses menjadi pengusaha.

10 Berita Terpopuler: Masih Dicari 1000 Pelaku Usaha hingga Video Viral

Kabar ACT Group dan Wong Solo Group menandatangani MoU pengembangan UMKM Soloraya, Rabu (20/10/2021), dan dua video viral menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (22/10/2021).