SOLOPOS.COM - Ilustrasi flu. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Varian baru dari virus corona SARS-CoV-2, Omicron, disebut memiliki gejala mirip flu padahal sebetulnya ada perbedaan keduanya.  Varian baru ini lebih mudah menular dan menyebabkan kasus Covid-19 di dunia melonjak kembali.

Sayangnya, gejala ringan yang disebabkan oleh Omicron bisa membuat orang-orang tidak menyadari akan infeksi virus tersebut. Menurut Cook Children’s, gejala yang paling umum dari varian baru ini adalah sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, pilek, dan kelelahan.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Lantas, apa perbedaan gejala Omicron dan flu biasa? Simak ulasannya di info sehat ini.

Bila dilihat hanya dari gejalanya saja, mungkin sulit untuk membedakan flu biasa dengan varian Omicron. Prof Eskild Petersen dari Aarhus University Hospital di Denmark mengungkapkan bahwa flu biasa dan Omicron seringkali sulit dibedakan, karena banyak orang, terutama mereka yang sudah divaksinasi, hanya mengalami gejala ringan yang mirip gejala flu biasa saat terinfeksi Omicron.

Baca Juga:  Bolehkah Pasien Positif Omicron Mengonsumsi Obat yang Dijual Bebas?

The UK’s National Service mengungkapkan bahwa gejala utama Covid-19 meliputi suhu tubuh yang tinggi, batuk baru yang berlangsung terus menerus, dan kehilangan atau perubahan pada indra perasa atau penciuman. Nah, gejala tersebut juga bisa tumpang tindih dengan gejala flu biasa yang meliputi hidung tersumbat atau berair, nyeri otot, dan bersin-bersin.

Berikut ini perbedaan gejala flu biasa dengan Omicron seperti dikutip dari halodoc.com pada Rabu (9/2/2022):

– Batuk Kering. Pengidap Covid-19 sering mengalami gejala batuk kering, sedangkan flu biasa hanya kadang-kadang menimbulkan gejala tersebut.
– Demam. Covid-19 seringkali ditandai dengan gejala demam, sedangkan flu biasa jarang menyebabkan gejala tersebut.
– Hidung tersumbat. Gejala ini jarang ditemukan pada pengidap Omicron, tapi sering terjadi pada pengidap flu biasa.
– Sakit tenggorokan. Covid-19 kadang-kadang menyebabkan sakit tenggorokan, sedangkan flu biasa sering kali ditandai dengan gejala ini.
– Sakit kepala. Meskipun sama-sama bisa menimbulkan gejala ini, menurut dokter penyakit menular di San Diego, Hai Shao, pengidap Omicron bisa mengalami sakit kepala yang parah.

Baca Juga: Positif Covid-19 Varian Omicron, Masayu Anastasia Rasakan Gejala Ini

– Nyeri Badan. Gejala ini kadang-kadang bisa dirasakan oleh pengidap Covid-19, termasuk Omicron. Sementara pengidap flu biasa sering mengeluhkan gejala nyeri badan.
– Bersin. Gejala ini tidak diketahui bisa terjadi pada pengidap Covid-19, seperti Omicron. Namun, flu biasa sering kali ditandai dengan bersin.
– Kelelahan. Baik pengidap Omicron maupun flu biasa kadang-kadang bisa mengalami gejala ini.

Meski begitu, menurut para ahli, cara terbaik untuk memastikan apakah gejala yang kamu alami disebabkan oleh flu biasa atau Omicron adalah dengan melakukan tes Covid-19.

Baca Juga: Kemenkes Sediakan Paket Obat Gratis Bagi Pasien Isoman Positif Omicron

Karena rapid test atau tes antigen Covid-19 dinilai memiliki sensitivitas yang lebih rendah untuk mendeteksi omicron, kamu dianjurkan untuk melakukan tes PCR (polymerase chain reaction). Tes PCR dianggap sebagai cara paling andal dan akurat untuk mendeteksi potensi infeksi Covid-19. Sementara menunggu hasil tes, kamu juga dianjurkan untuk mengisolasi diri di rumah demi keamanan orang-orang di sekitar kamu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya