SOLOPOS.COM - Umbul Sidomukti Bandungan (Instagram/@amazingsemarang)

Solopos.com, SEMARANG — Bandungan adalah kawasan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang kaya akan tempat wisata, salah satunya Umbul Sidomukti. Wisata air ini berlokasi di lereng Gunung Ungaran dan menawarkan wahan air yang seru di mana terdapat sebuah kolam renang alami dengan air yang sangat jernih.

Dilanisr dari kemenparekraf.go.id, Senin (7/2/2022), objek wisata ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga tidak heran jika wisata ini menghadirkan pesona dan suasana yang mengesankan. Selain itu, terdapat tiga kolam renang bertingkat dengan kedalaman beragam.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Untuk kolam renang dewasa, kedalamannya mencapai 1,5 meter dan untuk anak-anak sedalam 30 cm. Bentuk kolam renangnya dibuat tidak biasa di mana  biasanya berbentuk kotak namun di Umbul Sidomukti ini, bentuk kolam renang menyerupai mangkok.

Baca juga: Danau Beko, Wisata Bekas Tambang di Tegal yang Aduhai

Sementara itu, seperti yang sudah diwartakan Solopos.com sebelumnya, air pada Umbu Sidomukti ini berasal dari Gunung Ungaran. Saat menyelam, pengunjung akan merasakan sensasi segarnya air umbul atau mata air ditambah dengan udara kawasan wisata yang sangat sejuk dan dingin pula.

Selain berenang, pengunjung huga bisa menikmati wahana Little Ranch, di mana pengunjung bisa menaiki kuda-kuda yang ramah dan sudah terlatih sambil melihat para petani yang berkebun. Selain itu ada terdapat pula aneka hewan-hewan lucu, seperti rusa, kelinci dan kambing etawa yang ada di mini zoo. Ada pula Goa Tirta, sebuah goa buatan dengan panjang 135 meter. Setelah menyusuri goa ini, para pengunjung bisa melihat pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga: Nasi Gudeg Koyor, Makanan Legend Khas Kota Lama Semarang

Ada juga wahana panahan di mana pengunjung bisa berlagak layaknya Robin Hood dengan ditemani para pemanah profesional. Bagi yang ingin merasakan wahana yang memicu adrenalin, pengunjung bisa mencoba wahana flying fox, marine bridge, higest triangle dan sepeda awang. Pada wahana flying fox, wisatawan akan meluncur melewati lembah dengan jurang dalam. Tidak perlu khawatir, karena wahana ini sudah terbukti keamanannya.

Wisata ini juga menyuguhkan kafe untuk minum kopi dengan pemandangan alam sekitar yang asri. Seperti namanya, wisata umbul ini berlokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dan berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Semarang. Tiket masuknya seharga Rp5.000 per orang dan jam operasionalnya dari jam 8.00 WIB hingga 24.00 WIB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya