SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kereta api (KA) Solo Ekspres menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang hendak bepergian ke Jogja atau Kutoarjo. Kereta ini memiliki tarif yang lebih mahal dengan fasilitas cukup mewah. Maklum saja, KA Solo Ekspres sebenarnya hendak dioperasikan sebagai kereta bandara.

KA Solo Ekspres dengan tarif Rp40.000 yang dilengkapi AC. Penumpang kereta api tersebut bisa memilih nomor tempat duduk saat memesan tiket. Jadi, dipastikan semua penumpang mendapatkan kursi, kecuali tambahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fasilitas dan tarif KA Solo Ekspres itu menjadi bahan perbincangan netizen berkat foto unggahan pengelola akun Instagram @agendasolo, Jumat (26/4/2019). Dalam unggahan tersebut diperlihatkan bagian dalam KA Solo Ekspres yang didominasi warna hijau dan putih.

“Baru sekali ini naik kereta Solo Express. Kereta bandara yang untuk sementara difungsikan sebagai kereta lokal relasi Solo-Jogja-Kutoarjo PP. Lebih mahal dari Prameks, tapi lebih nyaman karena ber-AC. Ada tempat duduk sesuai tiket, kecuali penumpang tambahan. Ada colokan di tiap kursi. Kereta ini jadi alternatif saat kehabisan tiket Prameks. Sudah penah nyobaik gaes?” tanya @agendasolo sebagai keterangan foto yang diserbu ratusan komentar netizen.

“Murah untuk ukuran kereta bandara. Di negara tetangga Rp150.000 sekali jalan. Padahal naiknya juga sama, satu jam. Tetap bersyukur hidup di Indonesia. yang gini aja masih ada yang mencela. Nyinyir, heran saya,” komentar @irma_novieta.

Ga best. Jarak di tengah untuk jalan bawa koper sempit. Bayar sama-sama Rp30.000 tapi berdiri,” imbuh @angelxxoshxxn.

Pernah mau balik Solo dari Jogja kehabisan Prameks. Terpaksa naik Solo Ekspres. Dan sedihnya dapat tiket berdiri. Eh tapi kok di dalam kereta malah lesehan, min,” kenang @ayu_rahayu14.

Pernah sekali gara-gara kehabisan tiket Prameks. Nyaman banget sih. Cuma enggak enak banget jomblo depannya pas orang pacaran,” lanjut @pujias_dee galau.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI/Yogyakarta mengoperasikan dua kereta rel diesel elektrik sejak 11 Mei 2019. Dua rangkaian kereta yang sedianya dimanfaatkan untuk melayani rute kereta bandara, yakni Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan-Stasiun Tugu, akan dioperasikan terlebih dahulu untuk melayani rute Prambanan Ekspress (Prameks) Solo Balapan-Kutoarjo.

Tiket KA yang diberi nama KA Solo Ekspres itupun direncanakan berlaku secara parsial yakni Solo-Jogja senilai Rp30.000/penumpang dan Solo-Kutoarjo Rp40.000/penumpang. Perjalanan dengan KA Solo Ekspres jauh lebih cepat ketimbang KA Prambanan Ekspres yang hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Solo ke Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya