Wisatawan berswafoto saat menumpang jip wisata di Ngargoyoso, Karanganyar. (Solopos/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kemuning merupakan salah satu desa wisata di Karanganyar. Desa yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, itu punya sederet objek wisata yang layak dikunjungi, mulai dari kebun teh, candi, air terjun, hingga telaga.

Kini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam di Kemuning menumpang jip. Salah satu trek offroad yang layak dijajal adalah di kawasan perkebunan teh Kemuning. Trip wisata jip di Kemuning menjanjikan perjalanan istimewa dengan pemandangan alam yang begitu memesona.

Ketua komunitas Lawu Jip Advanture Karanganyar, Sukarno, mengatakan, jip wisata di kawasan Kemuning, Karanganyar, sebenarnya sudah ada sejak 2013. Tetapi, jip wisata mulai digemari sejak 2019. Dia bersama 50 anggota Lawu Jip Advanture Karanganyar selalu siap melayani wisatawan yang ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda.

Petualangan offroad di kebun teh Kemuning menumpang jip wisata. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)
Petualangan offroad di kebun teh Kemuning menumpang jip wisata. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Selain menjelajah alam, wisatawan bisa mengunjungi berbagai objek wisata di sekitar Kemuning menumpang jip. Harga sewa satu jip berkapasitas 3-4 orang berada di kisaran Rp350.000 hingga Rp1,5 juta bergantung trip yang diinginkan. Biasanya dia dan teman-temannya mangkal di Terminal Kemuning, Air Terjun Jumog, dan Kampung Wisata Gadungan.

“Harga sewa jip sekitar Rp350.000 untuk trip pendek. Kalau naik dari Air Terjun Jumog rutenya ke Telaga Madird-Danau-Tenggir Park-Candi Sukuh, balik lagi ke Air Terjun Jumog,” kata Sukarno saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (16/1/2020).

Selain itu, wisatawan juga bisa naik jip wisata dari Terminal Kemuning dengan rute kebun teh-Gunung Cilik Tea Garden-kebun karet-dan kebun buah dengan harga sewa jip trip pendek. Sementara untuk pencinta alam yang ingin merasakan keseruan bertualang di malam hari bisa menyewa jip dengan harga khusus, sekitar Rp1,5 juta.

“Ini khusus untuk wisatawan yang hobi offroad karena tripnya malam hari. Kami ajak masuk ke hutan, ngecamp juga bisa. Paginya jalan-jalan ke objek wisata,” sambung Sukarno.

Jip wisata di Kemuning, Karanganyar. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)
Jip wisata di Kemuning, Karanganyar. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Kemarin, Solopos.com berkesempatan bertualang naik jip wisata dari komunitas Lawu Jip Advanture Karanganyar yang dipandu oleh Sukarno. Jip wisata yang saya tumpangi dikemudikan oleh Viki yang belum lama bergabung dengan komunitas tersebut.

Saya diajak bertualang sekitar delapan jam menumpang jip wisata tersebut dari salah satu restoran di kemuning menuju Air Terjun Jumog, offroad di kebun teh, Bukit Paralayang Segoro Gunung, Candi Cetho, Waduk Gondang, hingga menikmati legitnya durian di Kecamatan Kerjo. Harga sewa jip wisata untuk long trip seperti itu sekitar Rp600.000.

Driver jip wisata anggota komunitas Lawu Jip Adventure Karanganyar. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)
Driver jip wisata anggota komunitas Lawu Jip Adventure Karanganyar. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Anda tidak perlu takut berkeliling dengan jip wisata lantaran semua sopirnya sudah terlatih. Berdasarkan pengalaman Solopos.com, sopir jip wisata di Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, sangat lincah mengemudi di medan berbatu, berlumpur, hingga tanjakan yang sangat curam. Keselamatan penumpang menjadi hal terpenting yang dijaga oleh sopir jip wisata.

“Anak-anak juga bisa naik. Cuma nanti tripnya enggak akan ke medan yang sulit. Tapi, kalau untuk orang dewasa kami ajak offroad untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan sekaligus dekat dengan alam,” imbuh Sukarno.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten