Serunya Menikmati Gemerlap Panggung SIPA dari Mobil

Direktur SIPA Community, Irawati Kusumorasri, menyampaikan jika konsep penyelenggaraan SIPA di tengah pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan konsep hybrid.

 Pertunjukan seni konsep hybrid pada pelaksanaan SIPA 2021 yang digelar di Bengawan Solo Park, Jumat (8/10/2021). (Bayu Jatmiko Adi/Solopos)

SOLOPOS.COM - Pertunjukan seni konsep hybrid pada pelaksanaan SIPA 2021 yang digelar di Bengawan Solo Park, Jumat (8/10/2021). (Bayu Jatmiko Adi/Solopos)

Solopos.com, SOLO  — Suara musik dan nyanyian, sayup-sayup sudah terdengar di jalan raya, di sekitaran Bengawan Solo Park, tempat digelarnya Solo International Performing Arts (SIPA) 2021, Jumat (8/10/2021).

Beberapa kendaraan juga terlihat memasuki area tersebut, meski tidak banyak. Di dalam area Bengawan Solo Park, di panggung yang megah, tengah berjalan sebuah pertunjukan Sejumlah penari beraksi dengan busana indah di bawah naungan sorot lampu warna warni.

Sementara di depan panggung itu, terparkir sejumlah mobil penonton. Penonton yang datang langsung ke lokasi, menyaksikan pertunjukan di dalam kendaraan masing-masing. Kecuali para pembawa kamera, serta pengunjung bersepeda motor yang berdiri di luar mobil. Sebab hanya mobil yang terparkir di depan panggung. Untuk tempat parkir sepeda motor berada di luar area panggung.

Baca Juga: Gibran dan Sandiaga Uno Mesra di Acara Apresiasi Kreasi Indonesia

Sebelumnya, Direktur SIPA Community, Irawati Kusumorasri, menyampaikan jika konsep penyelenggaraan SIPA di tengah pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan konsep hybrid. Konsep yang menggabungkan antara pentas langsung dan daring.

Acara langsung digelar di Bengawan Solo Park dengan maksimal lima penampil per harinya. Sementara luring dilakukan dengan siaran langsung melalui kanal Youtube SIPA Festival dan Dinas Pariwisata Solo. Penonton langsung nantinya menerapkan konsep drive-in dari dalam mobil. Syarat lainnya penonton harus sudah selesai vaksin minimal dosis pertama.

Pada hari kedua, Jumat (8/10/2021), SIPA menampilkan 12 video penampilan karya dari delegasi Indonesia dan 11 delegasi mancanegara. Sedangkan delegasi Indonesia yang turut memeriahkan panggung SIPA secara live di antaranya Ngalambeksa Community dari Malang, Joko SSP bersama Wiwin Andie Fashion Designer dari Solo, Wasi Bantolo dari Solo, Brayat Endah Laras dari Solo, Srawung Dance Studio dari Surabaya dan Pecas Ndahe dari Solo.

Baca Juga: Sepekan Berjalan, SGS 2021 Bukukan Transaksi Rp100 Miliar

Untuk penampilan video performance dimulai pukul 13.00 WIB-17.00 WIB. Sedangkan live performance dimulai pukul 19.00 WIB-22.00 WIB.

Pertunjukan SIPA pada Jumat malam, juga dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Rombongan Sandi datang sekitar pukul 21.35 WIB. Mereka berdua kemudian duduk di bangku mobil kap terbuka. Mereka turut menyaksikan pertunjukkan yang masih tersisa.

Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf mendukung kegiatan SIPA 2021 yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Kedepan pandemi semakin terkendali, event semoga semakin bisa dibuka tentunya dengan prokes [protokol kesehatan]. SIPA semoga menjadi awal momentum kebangkitan dan kepulihan pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata dia dalam sambutannya. Dia berharap, SIPA 2021 menjadi harapan baru untuk membuka lapangan kerja.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jejak Dakwah Sunan Kalijaga di Asale Sumur Songo Cepogo Boyolali

Dari jalan, plang nama Situs Sumur Songo terlihat cukup jelas namun warnanya sudah mulai memudar.

Ahli Strategi, Putut Gunawan Pernah Pimpin Pemenangan Jokowi-Rudy

Putut Gunawan punya sederet prestasi mentereng, salah satunya pernah memimpin tim pemenangan pasangan Jokowi-Rudy sebagai cawali-cawawali Solo dalam Pilkada 2010.

Nelayan Tepian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Sewakan Perahu untuk Wisata

Nelayan di tepian Waduk Gajah Mungkur, tepatnya dekat Pasar Sapi Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menyediakan daya tarik wisata baru, yakni perahu wisata.

Obituari Putut Gunawan: Salah Satu Penggagas Musrenbang

Politkus senior PDIP Solo, Putut Gunawan, menjadi salah satu penggagas lahirnya musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang kini diadopsi di semua daerah.

Anak Bawah Umur di Tanon Sragen Diduga Diperkosa Hingga Hamil

Kasus dugaan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur dan penyandang disabilitas mental hingga korban hamil terjadi di Desa Jono, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dinas Pertanian Klaten Gagas Pengadaan Drone Penyemprot Hama

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten memiliki rencana untuk membeli drone pertanian meski belum jelas kapan.

9 Kasus Omicron Terdeteksi di Jateng, di Solo Ada?

Sembilan kasus Covid-19 varian Covid-19 di Jawa Tengah salah satunya ada di Sukoharjo. Sementara di Kota Solo belum ditemukan.

Putut Gunawan Sumber Ilmu hingga Katalog Hidup Kuliner Soloraya

Sejumlah kolega di DPRD Sragen menyebut Putut Gunawan adalah sosok yang berpengalaman dan katalog kuliner. Politikus PDIP dan Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo itu meninggal Sabtu (22/1/2022).

Belum Sebulan, Warga Laweyan Solo Dua Kali Terendam Banjir

Belum genap sebulan, warga Kelurahan Pajang, Laweyan, Kota Solo, dua kali diterjang banjir luapan Kali Jenes. Banjir terbaru dinilai lebih parah kondisinya ketimbang sebelumnya.

DLH Sukoharjo Belum Punya Data Terbaru Soal Ruang Terbuka Hijau

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo mengaku hanya memiliki data soal luasan ruang terbuka hijau (RTH) hasil pendataan 2017.

Pariwisata Solo Butuh Atraksi dan Inovasi

Asita Jogja memberikan masukan perihal pariwisata Kota Solo yang masih membutuhkan atraksi dan inovasi agar wisatawan lebih lama berkunjung di Kota Solo.

Soal Komentar Paundrakarna, Lilik: Biar Saja, Enggak Perlu Ditanggapi

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, K.R.M.T. Lilik Priarso Tirtodiningrat, mengaku tak memiliki wewenang untuk mengomentari pernyataan GPH Paundrakarna soal Suksesi Mangkunegaran.

Bus Sekolah Gratis Wonogiri Beroperasi Lagi Pekan Depan, Ini Rutenya

Layanan Bus Sekolah tersebut baru dioperasikan kembali karena Dishub Kabupaten Wonogiri perlu menyiapkan hal-hal administratif terlebih dahulu.

Karanganyar Bakal Punya Training Camp untuk Atlet Paralympic

Karanganyar dipilih menjadi lokasi pembangunan traning camp atlet Paralympic oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

BPBD Sukoharjo Waspadai Banjir Susulan, Siagakan 70 Personel

BPBD Sukoharjo mewaspadai banjir susulan menyusul masih tingginya potensi curah hujan. Mereka menyiagakan 70 personel yang ditempatkan di masing-masing pos.