Serunya 87 Anak Kreatif Ikut Lomba Mewarnai dan Menggambar Solopos

Sebanyak 87 anak mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group (SMG) di Pendapa Ageng ISI Surakarta.

 Puluhan peserta mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group (SMG),di Pendapa Ageng ISI Surakarta, Minggu (25/9/2022) (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Puluhan peserta mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group (SMG),di Pendapa Ageng ISI Surakarta, Minggu (25/9/2022) (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO–Puluhan anak-anak mengikuti lomba mewarnai dan menggambar yang digelar Solopos Media Group (SMG), Minggu (25/9/2022) di Pendapa Ageng Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Lomba secara resmi dimulai pukul 10.00 WIB ditandai dengan pemberian aba-aba oleh pembawa acara. Lomba mewarnai diikuti oleh anak-anak TK hingga kelas 2 SD. Sementara lomba menggambar diikuti anak usia kelas 3 SD hingga kelas 5 SD. Lomba tersebut mengusung tema Budaya Jawa.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Para pemenang nantinya mendapatkan hadiah total sekitar Rp2 juta serta trofi motivasi untuk para peserta.

Lomba tersebut menjadi bagian kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 SMG.

Tak hanya lomba, anak-anak dan orang tua yang hadir juga bisa menikmati bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta kuliner di lokasi yang sama.

Antusiasme peserta dan orang tua tampak mulai pukul 08.00 WIB. Dengan membawa peralatan menggambar dan mewarnai, mereka beramai-ramai datang di Pendapa Ageng ISI Solo. Bahkan tak sedikit dari mereka yang datang dari luar Kota Solo. Misalnya Ralina Zia, 7, peserta asal Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Ralin, panggilannya, datang bersama orang tuanya dari Selogiri. Ia berangkat sekitar pukul 07.30 WIB. Ralin sendiri telah bersiap sejak pukul 06.00 WIB.

“Pukul 06.00 WIB siap-siap soalnya jauh, Wonogiri,” kata Ralin saat diwawancara Solopos.com.

Siswi kelas 2 SD itu mengaku telah sering ikut lomba mewarnai. Namun, ia tetap berlatih dan menyiapkan diri dengan sungguh untuk mengikuti lomba mewarnai yang digelar SMG. Dua hari terakhir, Ralin rutin mengasah kemampuan seninya.

“Sudah seringĀ sih. Tapi tetap latihan, mewarnai, menggambar sedikit-sedikit juga,” sambung dia.

Didampingi MC Kak Ika Yuniati dan Kak Damar Sri Prakoso, para peserta memulai lomba dengan tertib tapi tetap menyenangkan. Para peserta juga tampak mandiri. Meski ada yang berusia empat tahun, mereka berani mengikuti lomba tanpa didampingi orang tua di dekatnya.

Ada tiga juri yang akan menilai karya peserta. Di antaranya penerima Penghargaan Jurnalistik Anugerah Adhinegoro, Mugi Suryana.

Ia merupakan salah satu penerima penghargaan tertinggi jurnalistik. Mugi sendiri mendapat penghargaan dalam bidang seni karikatur.

Juri kedua adalah Content Manager SMG Anik Sulistyawati dan Kaled Hasby Ashshidiqy. Keduanya juga berpengalaman menjadi redaktur seni budaya serta pernah menjadi kurator lomba mewarnai.

MC Ika Yuniati menyampaikan ada tiga hal yang akan dinilai oleh para juri. Di antaranya, aspek kognitif meliputi komposisi warna, aspek motorik meliputi keindahan dan ketelitian, serta aspek kreativitas dan keserasian dengan tema.

“Tiga kriteria yang akan dinilai adalah aspek kognitif sebesar 30%, aspek motorik 30%, dan aspek kreatifitas serta keserasian karya dengan tema 40%,” papar dia.

Lomba mewarnai dan menggambar masing-masing berdurasi 90 menit. Dari hasil catatan panitia, ada 30 peserta lomba menggambar dari seluruh kategori.

Sementara lomba mewarnai ada 57 peserta dari seluruh kategori. Mereka berasal dari Kota Solo, Soloraya, bahkan dari Kota Yogyakarta.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

      Asmoro Decoration yang sudah sejak lama jadi langganan keluarga Presiden Jokowi dipercaya untuk mendekorasi lokasi acara ngunduh mantu nikahan Kaesang dengan Erina di Loji Gandrung Solo.

      Pekan Ini, Pemdes Kliwonan Sragen bakal Gelar Bazar Batik dan Kuliner

      Selain bazar batik dan kuliner, Pemdes Kliwonan juga akan menyajikan pasar malam dan hiburan untuk memeriahkan acara yang digelar selama empat hari itu.

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.