SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Ribuan warga Kulonprogo dari berbagai usia tumpah ruah di Alun-alun Wates merayakan tradisi takbir dalam menyambut 1 Syawal.

Beragam cara dilakukan warga untuk merayakannya, mulai dari sekadar duduk-duduk di sekitar alun-alun, atau juga berjalan bergerombol di sekeliling alun-alun. Akan tetapi, tak jarang pula beberapa rombongan mengendarai mobil bak dan truk.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari atas kendaraan mereka dengan serempak menyuarakan takbir secara bersama-sama dari satu komando yang keluar dari corong megaphone. Selain itu, takbir tersebut juga terdengar seirama dengan nada kothekan dari kentongan kayu yang mereka tabuh.

Suryono misalnya, seorang pemuda asal Lendah, dengan yakin dirinya mengatakan Selasa (30/8/2011) adalah 1 Syawal yang sesungguhnya. “Seluruh dunia merayakan 1 Syawal itu kan  besok [Selasa],” ujarnya yakin.

Dikatakannya, sebelum menuju Alun-alun, dirinya yang membawa rombongan sebanyak lebih dari 25 orang yang terdiri dari anak-anak hingga orang tua, sebelumnya telah berkeliling di jalanan. “Kami bersama rombongan lainnya berkeliling dulu. Barulah setelah itu berkumpul di sini [Alun-alun],” ujarnya. (Harian Jogja/ARI)

 

Keterangan foto:

Warga Kulonprogo menyerukan takbir dengan berkeliling kota menggunakan kendaraan (HARIAN JOGJA/ARIF JUNIANTO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya