Karyawan PT Indaco Warna Dunia mengikuti lomba estafet sarung memeriahkan hari kemerdekaan di area kantor, Desa Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (17/8/2019). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Suasana penuh kehangatan dan keceriaan begitu terasa saat seluruh karyawan PT Indaco Group berkumpul di halaman kantor mereka di Desa Pulosari, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (17/8/2019).

Lebih dari 600 karyawan memakai pakaian tradisional untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Para karyawan tampak antusias merayakan kemerdekaan pada halaman area pabrik Indaco.

Keberagaman terasa indah dengan eratnya kebersamaan antarkaryawan yang memakai berbagai macam pakaian antara lain, pakaian adat, tokoh wayang, veteran, berbagai profesi, dan lain-lain.

Pagi itu pukul 10.00 WIB karyawan dibagi dalam sebelas barisan. Semua tim mengikuti fashion show lalu bertarung dalam lomba makan kerupuk, lomba tiup gelas, estafet sarung, blind make up, balap sarung, lari balon, dan ceting gantung.

indaco

Karyawan PT Indaco Warna Dunia mengikuti lomba fashion show memeriahkan hari kemerdekaan di area kantor, Desa Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, Sabtu (17/8/2019). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Ketua panitia HUT ke-74 RI PT Indaco Warna Dunia, Denny Wardana Dacosta, 31, mengapresiasi karyawan karena telah melakukan persiapan secara total. Atribut yang dipakai karyawan menunjukkan persatuan dalam keberagaman.

“Kegiatan ini untuk menghormati jasa pahlawan dengan mengisi kemerdekaan dengan cara berkarya bersama PT Indaco Group. Selain itu juga meningkatkan rasa kekeluargaan antarkaryawan,” katanya kepada Solopos.com di sela-sela acara.

Sebelum melakukan lomba, seluruh karyawan mengikuti upacara bendera dan pembacaan proklamasi. Upacara berlangsung pukul 08.00 WIB.

Ketika upacara akan dimulai, pintu gerbang yang sudah ditutup, perlahan terbuka. Tampak seorang musafir, Sugiyanto, datang dari arah pintu gerbang dengan menuntun seseorang yang mengenakan kostum berkuda.

Sugiyanto yang memakai pakaian putih berjalan pelan masuk ke barisan dan menjadi pusat perhatian. Tepuk tangan menyambut musafir tersebut saat masuk ke barisan.

“Itu bukan setingan, tapi ide dari karyawan. Atasan selalu memberikan kebebasan kepada karyawan dan selalu terbuka dalam segala hal,” ujar Denny.

Upacara itu merupakan kali kedua bagi karyawan untuk memperingati hari kemerdekaan. Semua peserta mengikuti upacara dengan khidmat dari awal hingga akhir.

Manajemen PT Indaco Group berpesan peringatan kemerdekaan siang itu agar dijadikan momentum untuk menguatkan integritas dan keberanian. Nilai-nilai tersebut terkandung dalam Pancasila selalu diutamakan oleh Indaco.

“Banyak sekali yang memakai busana adat. Mudah-mudahan dengan integritas dan keberanian kami terus membuktikan dan merayakan keberagaman. Perbedaan suku, bahasa, agama, golongan merupakan kebanggan kami,” kata perwakilan manajemen PT Indaco Group.

Manajemen PT Indaco Group berharap seluruh karyawan dapat mensyukuri kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Kemerdekaan yang telah diperoleh harus diisi dengan perjuangan yang lebih keras lagi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten