SOLOPOS.COM - Ratusan siswa SDIT Nur Hidayah Solo menyambutnya bulan Ramadan dengan kegiatan Camping Qur’an, Selasa (21/3/2023) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO —  Sebanyak 672 murid bersama guru dan karyawan SD Islam Terpadu (SDIT)  Nur Hidayah Solo  menyambut Ramadan 1444 H/2023 dengan Camping Qur’an, Selasa (21/3/2023) pagi.

Kepala SDIT Nur Hidayah Solo, Waskito, menyampaikan sebelum Camping Qur’an, sekolahnya juga mengadakan pawai Ramadan bersama Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Kota Solo di area car free day (CFD) Jl. Slamet Jiyadi, Solo. Pawai digelar pada Minggu (19/3/2023).  

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Semakin dekat bulan Ramadan, kita juga mempersiapkan diri melalui kegiatan Camping Qur’an. Menjadi spirit awal agar selama bulan Ramadan lebih dekat interaksinya dengan Al-Qur’an,” tutur Waskito dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Menurutnya kegiatan ini merupakan momentum bagi siswa untuk mempersiapkan diri menyambut bulan yang penuh keutamaan tersebut. “Ramadhan bulan penuh kemuliaan. Salah satunya diturunkannya Al-Qur’an. Membacanya mendapatkan pahala yang dilipatgandakan pahalanya hingga 700 kali. Tentu bersemangat memuliakannya dengan membaca Al-Qur’an,” sambungannya.

Ketua Panitia Semarak Ramadhan 1444 H SDIT Nur Hidayah Solo, Syarifatul Istiqomah, menyampaikan bahwa di dalam kegiatan Camping Quran ini juga disisipkan pemahaman tentang fikih puasa.

“Supaya lebih memantapkan bekal pemahaman murid-murid dalam menjalankan ibadah puasa. Hari ini murid-murid juga diajak sharing tentang fikih puasa. Apa makna puasa, apa sunah-sunah yang sebaiknya dilakukan, apa saja yang membatalkan puasa,” terangnya.

Program kegiatan Ramadan lain yang akan digelar yakni pesantren Ramadan, membuat parcel, iktikaf, penghimpunan dan penyaluran zakat, dan halal bi halal di awal masuk setelah liburan Syawal.

Ditemui setelah tampil di panggung, salah satu peserta Camping  Qur’an,  Hadziq Nashirul Hakim, 11, mengaku senang ikut kegiatan ini. “Ada yel-yelnya, ada pantunnya, ada nasyidnya, berselawat juga. Menjadikan teman-teman ceria dan bersemangat. Aku tadi juga menghafalkan beberapa surat Al-Qur’an di panggung bersama teman-teman,” cerita siswa kelas V B itu.

Dia menargetkan untuk khatam membaca Al-Qur’an selama Ramadan. “Pagi aku masih sekolah, sorenya ikut kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran. Selain puasa juga pengin infak rutin dan tadarus Al-Qur’an di masjid,” pungkas boca yang bercita-cita menjadi olahragawan yang hafal Al-Quran itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya