Seru! Ratusan Murid SMK di Boyolali Ikuti Seminar Motivasi Pascapandemi

SMK Karya Nugraha Boyolali mengadakan acara seminar motivasi dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa pascapandemi.

 Motivator, Suratno (depan, berdiri) memberikan motivasi kepada murid-murid baru di SMK Karya Nugaraha, Boyolali, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

SOLOPOS.COM - Motivator, Suratno (depan, berdiri) memberikan motivasi kepada murid-murid baru di SMK Karya Nugaraha, Boyolali, Sabtu (13/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI — SMK Karya Nugraha Boyolali menyelenggarkan acara seminar motivasi dalam rangka menumbuhkan semangat belajar siswa pascapandemi.

Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa Kelas X SMK Karya Nugraha Boyolali berjumlah 467 orang di sekolah setempat, Sabtu (13/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Seminar motivasi ini kaitannya untuk menyiapkan karakter siswa saat mengikuti pembelajaran di SMK Karya Nugraha selama tiga tahun ke depan, karakternya meliputi IQ, EQ, dan SQ,” ucap Kepala Sekolah SMK Karya Nugraha Boyolali, Sarbiyanto saat ditemui di SMK, Sabtu (13/8/2022).

Sarbiyanto mengatakan, biasanya seminar motivasi diadakan saat siswa kelas 12 akan mengahadapi ujian sekolah.
Namun kali ini, ia merasa siswa baru kelas 10 juga perlu diberikan motivasi. Alasannya agar siswa siap mengikuti proses pembelajaran selama tiga tahun.

“Seminar ini juga memberikan motivasi untuk kesiapan siswa memasuki dunia usaha, kerja, atau mungkin melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi,” ucap dia.

Baca juga: Siswa SMK Asal Karanganyar Ramai-Ramai Datangi RS UNS Solo

Dalam seminar ini, Sekolah juga mengajak orang tua wali untuk hadir mendampingi anaknya dalam acara motivasi.

“Karena dalam satu proses pembelajaran itu tidam hanya dari sekolah saja yang menyukseskan, dukungan oleh orang tua itu juga sangat penting,” kata Sarbiyanto.

“Sehingga dalam seminar ini, tidak hanya siswa nya yang diberi motivasi, namun juga orang tua nya diberi gambaran selama tiga tahun itu prosesnya seperti apa,” kata Sarbiyanto lagi.

Setelah selesai seminar, orangtua siswa memberikan tanggapan positif atas seminar motivasi itu.

“Sangat bermanfaat bagi anak kami, seminar ini bisa memberi motivasi dan pengetahuan bagi anak kami sebelum mengikuti pembelajaran ke depannya,” ucap wali murid asal Cepogo, Nuryah saat ditemui wartawan, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Terbaik di Soloraya, SMK di Wonogiri Ini Produksi Wingko Babat Singkong

“Jadi tambah semangat setelah diberi motivasi, tadi ada beberapa nasihat yang bisa saya tangkap, seperti kami harus berusaha menggapai cita, mematuhi aturan, harus bisa disiplin, tidak membolos, tidak datang terlambat waktu ke sekolah,” ucap siswa kelas 10, Andika kurniawan setelah mengikuti seminar, (Sabtu, 13/8/2022).

Dalam seminar ini, pihak sekolah menggandeng guru SMK Negeri 5 Semarang, Suratno sebagai motivator.

Ketua panitia, Kristanto mengatakan, kegiatan pertama pada seminar ini adalah pemaparan program sekolah. Kedua, pemberian motivasi kepada siswa yang didampingi oleh orangtua tentang kecerdasan IQ, EQ, dan SQ.

“Program sekolah yang dipaparkan berhubungan dengan siswa, salah satunya tata tertib. Contohnya siswa terlambat tiga kali dalam satu bulan yang sama maka akan diberikan surat panggilan orang tua,” kata Kristanto.

Baca juga: Siswa SMK Bhakti Karya Karanganyar Juarai Lomba Asisten Keperawatan

“Selain itu ada program untuk membentuk karakter siswa yang religius dan unggul melalui kegiatan keagamaan seperti salat zuhur berjamaah, dan tadarus setiap selasa dan kamis,” ucap dia

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Piknik ke Solo Sukoharjo Wongiri Naik KA Batara Kresna, Hanya Rp4.000/Orang

      Berikut jadwal, tarif, dan cara menaiki Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan rute Solo-Wonogiri PP

      Jamu Jampi Usodo, Warisan Nusantara Menyehatkan Dunia

      Jamu, dari bahasa Jawa kuno jampi atau usodo sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia, telah diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nusantara yang menyehatkan dunia.

      Tiket Presale Konser Dewa 19 Solo di Edutorium UMS Ludes, Sisa Harga Normal

      Tiket presale konser Dewa 19 di Solo yang akan diselenggarakan pada 26 November 2022 di Edutorium UMS Sukoharjo ludes dibeli Baladewa.

      Dinilai Kurang Aman, Jembatan Sasak Bengawan Solo akan Diganti Jembatan Darurat

      Pemkot Solo berencana mengganti jembatan sasak di Kampung Beton, Kelurahan Sewu, ke Mojolaban, Sukoharjo, dengan jembatan darurat yang lebih aman.

      Wow! Penyandang Disabilitas Wonogiri Digelontor Rp1,2 Miliar

      Pemkab Wonogiri memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 350 penyandang disabilitas di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

      Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.

      Imbas Harga BBM Naik, Polda Jateng Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Boyolali

      Polda Jateng memberikan bantuan berupa paket beras kepada warga Boyolali yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).