SOLOPOS.COM - Peserta sedang berlomba-lomba menggapai hadiah dalam lomba panjat pinang di Balai Kota Jogja, Minggu (1/10/2017). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi membuka lomba panjat pinang di Balai Kota Jogja, Minggu (1/10/2017) siang

Harianjogja.com, JOGJA-Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi membuka lomba panjat pinang di Balai Kota Jogja, Minggu (1/10/2017) siang. Lomba panjat pinang dengan total hadiah Rp25,9 juta ini untuk menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja ke-261 pada 7 Oktober mendatang.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Lomba panjat pinang ini diikuti oleh 18 kelompok perwakilan dari semua kecamatan dan pegawai badan usaha milik daerah (BUMD) Kota Jogja. Jumlah pohon pinangnya terdapat empat dengan ketinggian tiap pohon 8,5 meter. Masing-masing kelompok dibatasi selama lima menit.

Lomba panjat pinang yang biasanya marak tiap Agustus ini sontak menjadi perhatian masyarakat sekitar. Bahkan banyak pengguna jalan yang melintas di ruas Jalan Kenari berhenti untuk menonton sehingga jalur tersebut pun tersendat.

“Sengaja kami pilih lomba panjat pinang ini karena ada filosofi yang sesuai dengan tema HUT Kota Jogja, yakni kerjasama dan gotong royong membangun Jogja,” kata Heroe, di sela kegiatan.

Ia berharap lomba panjat pinang tersebut selain untuk bersenang-senang juga dapat mengambil nilai filosofinya, yakni dalam bekerja tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tidak merasa paling mampu sendiri, melainkan butuh kerjasama membangun strategi demi mencapai tujuan. Dalam hal ini melayani masyarakat baik di kecamatan mau pun di setiap BUMD.

Setelah sekitar satu jam berjalan belum ada satu kelompok pun yang berhasil mencapai puncak untuk meraih hadiah.? Heroe menambahkan lomba panjat pinang ini akan terus dibudayakan setiap menyambut Hut Kota Jogja.

Selain lomba panjat pinang, sejumlah rangkaian kegiatan lainnya dalam memperingati HUT Kota Jogja ke-261 yang akan digelar, yakni festival kopi di Jalan Malioboro yang akan menghadirkan ribuan gelas kopi pada Senin (2/10/2017) malam ini, festival kampung wisata di XT-Square, grebeg pasar, dan puncak acara pada 6 Oktober nanti kenduri Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya