Sertifikat Calon Hotel 28 Lantai di Slamet Riyadi Solo Bermasalah, Ini Kata BPN

BPN Solo memberikan penjelasan soal sertifikat tanah yang akan dibangun hotel bintang lima setinggi 28 lantai oleh PT Kusuma Mulia Realty di Jl Slamet Riyadi No 209 Solo.

 Rudy Indijarto selaku pemilik lahan di Jl Slamet Riyadi No 209 (kemeja hijau) menunjukkan sertifikat atas namanya yang ikut disita kemudian dilelang saat perusahaannya, PT Kusuma Mulia Reality, bermasalah dengan pajak beberapa tahun lalu. Foto diambil Kamis (29/9/2022) saat konferensi pers di salah satu kafe di Solo. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Rudy Indijarto selaku pemilik lahan di Jl Slamet Riyadi No 209 (kemeja hijau) menunjukkan sertifikat atas namanya yang ikut disita kemudian dilelang saat perusahaannya, PT Kusuma Mulia Reality, bermasalah dengan pajak beberapa tahun lalu. Foto diambil Kamis (29/9/2022) saat konferensi pers di salah satu kafe di Solo. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Kepala Seksi Pengendalian dan Penanganan Sengketa Pertanahan ATR/BPN Solo, Slamet Suhardi, memberikan penjelasan terkait masalah sertifikat lahan di Jl Slamet Riyadi No 209 Solo yang akan dibangun hotel bintang lima setinggi 28 lantai.

Seperti diketahui, pembangunan hotel oleh PT Kusuma Mulia Realty itu yang sudah direncanakan bertahun-tahun lalu hingga kini belum juga terealisasi. Penyebab utamanya karena belum adanya kejelasan mengenai sertifikat lahan tersebut.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pemilik PT Kusuma Mulia Realty, Rudy Indijarto, masih menunggu BPN mengesahkan kembali sertifikat atas namanya dan mencabut sertifikat atas nama pemenang lelang yang diadakan Ditjen Pajak.

Slamet Suhardi menjelaskan Kantor ATR/BPN Kota Solo belum bisa mengurus sertifikat lahan yang akan dibangun hotel 28 lantai di Jl Slamet Riyadi 209 itu karena permasalahan itu masuk ranah perdata, bukan sengketa.

Sehingga penyelesaiannya pun mestinya melalui jalur hukum perdata. Slamet menjelaskan masalah sengketa lahan terkait legalitas sertifikat milik Rudy Indijarto sangat berbeda dengan masalah eksekusi penyitaan oleh Ditjen Pajak dan lelang yang dilakukan.

Baca Juga: Terhalang Sertifikat, Rencana Hotel 28 Lantai di Jl Slamet Riyadi Solo Mandek

“Awalnya kan itu lahan dilelang oleh Ditjen Pajak, kami menerbitkan sertifikat atas nama pemenang lelang. Sedangkan keputusan Mahkamah Agung memutus pengumuman lelang tersebut, tetapi bukan hasil lelangnya,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (29/9/2022).

Hal yang mesti dilakukan Rudy Indijarto adalah membawa keputusan MA tersebut ke ranah perdata. Baru setelah itu Kementerian ATR/BPN bisa mengurus sertifikat lahan yang akan dibangun hotel di Jl Slamet Riyadi Solo itu.

Slamet mengaku sudah menerima surat rekomendasi dari ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah mengenai masalah tersebut sesuai aduan Rudy Indijarto ke Kementerian AT/BPN. Slamet menegaskan yang dilakukan Kantor ATR/BPN Kota Solo sudah sesuai dengan rekomendasi tersebut.

Baca Juga: Kusuma Mulia Realty: Legalitas Tanah Sah, Pembangunan Hotel Jalan Terus

Penyelesaian Jalur Hukum

“Suratnya kami sudah diterima dari lama dan kami melakukan apa yang dilakukan surat tersebut. Salah satunya kan menerangkan menyelesaikan ini sesuai dengan jalur hukum. Ya itu yang kami lakukan,” jelasnya.

Slamet kembali menegaskan karena ranah dari masalah tersebut bukan lah sengketa namun perdata. “Bisa diselesaikan dengan surat keputusan MA itu sebagai landasan untuk membatalkan lelang di ranah perdata,” jelasnya.

PT Kusuma Mulia Reality hingga kini belum bisa merealisasikan rencana membangun hotel bintang lima setinggi 28 lantai di Jl Slamet Riyadi No 209 Solo. Hal itu lantaran masalah sertifikat lahan yang tak kunjung selesai.

Masalah bermula saat PT Kusuma Mulia Realty terlibat masalah pajak beberapa tahun lalu sehingga membuat sejumlah asetnya disita termasuk lahan yang akan dibangun hotel bintang lima di Jl Slamet Riyadi Solo.

Baca Juga: Hotel 28 Lantai Segera Dibangun di Pusat Kota Solo

Aset-aset itu kemudian dilelang oleh Direktorat Jenderal Pajak. Atas hasil lelang tersebut, BPN kemudian menerbitkan sertifikat baru atas nama pemenang lelang tanah tersebut.

Tanah di Jl Slamet Riyadi Solo yang sedianya untuk membangun hotel bintang lima itu pun kemudian dimanfaatkan untuk lahan parkir. Belakangan, Mahkamah Agung (MA) membatalkan lelang atas tanah tersebut karena ada error in objecto atau kesalahan objek yang dilelang.

Kesalahan objek dimaksud karena tanah yang dilelang merupakan milik pribadi dan atas nama Rudy Indijarto, bukan atas nama PT Kusuma Mulia Realty yang bermasalah dengan pajak.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.