SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sumber ilustrasi foto: internet

Solo (Solopos.com) — Batas akhir pengumpulan nama yang akan mengikuti proses sertifikasi guru tahun 2011 adalah hingga 30 April. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan setempat diimbau segera menetapkan nama-nama yang akan diajukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Sertifikasi Guru UNS, Prof Dr rer nat Sajidan, saat ditemui wartawan seusai seminar pendidikan karakter di Fakultas Hukum UNS, Sabtu (19/3). Dia menegaskan, setelah 30 April tidak akan ada toleransi lagi. Misalnya untuk menambah, mengurangi ataupun mengubah nama.

Dia juga menyampaikan, pada 2011 kuota sertifikasi guru melalui portofolio secara nasional hanya 1%. Sisanya menggunakan mekanisme Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) selama sembilan hari. Oleh karena itu, ada wacana penghapusan kurikulum praktik pendalaman materi saat PLPG. Pasalnya jika sertifikasi guru, 99% melalui mekanisme PLPG, kurikulum itu tidak memungkinkan untuk dilakukan.

“Sebagai gantinya akan diberikan materi Subjek Spesifikasi Pedagogik (SPS). Materi SPS terkait rencana pembelajaran, pembuatan media pembelajaran,” jelasnya.

Soal penyelenggaraan sertifikasi <I>online</I>, Sajidan menerangkan, hal itu masih sebatas wacana. Menurut informasi yang dia peroleh, sertifikasi <I>online</I> digunakan untuk melakukan uji kemampuan awal yang rencananya dilaksanakan Mei. “Tapi hingga kini petunjuk teknisnya belum ada. Jadi belum tahu nanti seperti apa,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Sugiyanto, mengungkapkan salah satu staf bidang PTK Disdikpora Solo pekan kemarin diminta mengikuti sosialisasi soal sertifikasi <I>online<I> di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah. “Tapi saya  belum mendapatkan info, nanti seperti apa,” katanya. <B>(ewt)</B>

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya