SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Sertifikasi auditor internal perbankan dinilai masih belum maksimal. Dari 1.360 auditor yang tergabung dalam Ikatan Auditor Intern Bank (IAIB), baru sekitar 350 auditor yang telah memiliki sertifikasi.

“Sertifikasi sudah dilakukan sejak 2008. Kami akui saat itu sertifikasi auditor masih belum jadi fokus perhatian,” ujar Ketua Umum IAIB periode 2011-2014, Hidayat Prabowo saat ditemui di sela-sela kegiatan Konferensi Nasional IAIB ketiga di Jogjakarta Plaza Hotel, Kamis (24/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hidayat mengatakan, tahun ini sertifikasi auditor akan jadi prioritas untuk dilakukan IAIB sebagai jaminan bagi masyarakat bahwa bank memiliki penjagaan dan pengawasan yang mumpuni.

“Targetnya, seluruh auditor akan selesai disertifikasi pada akhir 2014,” ujarnya.

Dalam sertifikasi tersebut, auditor internal perbankan harus lolos beberapa uji kompetensi baik pengetahuan, keterampilan maupun pengalaman.

Sekretaris Jenderal IAIB, Sindu Adisuwono menambahkan, kasus yang berkaitan dengan kesehatan dan kinerja perbankan yang belakangan marak terjadi merupakan sebuah tantangan bagi industri perbankan umumnya dan IAIB khususnya.

“Semakin dinamis perekonomian dan industri perbankan, semakin besar peluang penyimpangan yang mungkin terjadi,” imbuhnya.(Harian Jogja/Intaningrum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya