SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

AMSTERDAM— Konsistensi Belanda meneruskan rentetan hasil sempurna di fase kualifikasi ke medan perang sesungguhnya di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Afsel), masih diragukan.

The Oranje, julukan Timnas Belanda, jelas tak mau diremehkan. Persiapan serius pun menjadi pilihan mutlak demi datangnya trofi Piala Dunia untuk kali pertama ke Negeri Kincir Angin.
Alhasil, partai uji coba kontra Meksiko di Freiburg, Kamis (27/5) dini hari WIB, dipastikan bukan sekadar ajang coba-coba. Pelatih Bert van Marwijk diprediksi bakal menurunkan skuat terbaiknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Duel ini juga bakal menjadi penilaian penting sebelum sang arsitek memangkas skuatnya menjadi tinggal 23 orang. Di atas kertas, peluang Belanda memetik kemenangan sangat besar.
Pasalnya, tenaga para pemain El Tri Color Meksiko sudah terkuras habis setelah menjajal Inggris dua hari sebelumnya, yang berkesudahan 3-1 bagi keunggulan The Three Lions, sebutan bagi Timnas Inggris.

Namun, kemenangan dengan banyak gol bukan target utama sang arsitek. Van Marwijk disebut-sebut lebih senang melihat anak asuhnya memetik kenangan lewat permainan berkarakter. Itu dianggap modal terpenting untuk menghadapi persaingan di Grup E kontra Jepang, Meksiko dan Denmark. Tuan rumah kemungkinan berharap peran vital Arjen Robben dan Wesley Sneijder.

Kedua pemain itu tengah menikmati musim yang mengesankan dan sama-sama mencicipi final Liga Champions bersama klub masing-masing.

Tapi, mood Sneijder jelas lebih bagus setelah Inter Milan memastikan jadi juara. Namun kontribusi Robben di Bayern Munich tak bisa dikesampingkan begitu saja. Penampilan ciamik kedua pilar diharapkan menular saat memakai kostum Oranje.

Atmosfer di kamar ganti para punggawa Belanda sendiri sangat kental dengan aura percaya diri. Belanda optimistis mampu merengkuh hasil lebih baik pada putaran final Piala Dunia edisi ini.
“Kami punya tim yang sangat kuat, banyak pemain-pemain bagus. Saya telah berada di skuat ini sekitar enam bulan, dan saya ingin tetap bertahan. Kami saling bersaing. Skuat ini berbeda dibandingkan tahun-tahun belakangan,” ujar winger Belanda, Eljero Elia, seperti dilansir goal.com, beberapa waktu lalu.

Di pihak lawan, Meksiko bertekad bangkit setelah tumbang 1-3 di markas Inggris. Ini kali pertama El Tri, julukan Meksiko, kemasukan tiga gol dalam setahun terakhir semenjak takluk 1-3 kontra Honduras pada fase kualifikasi April 2009.

Kekecewaan besar pun dirasakan segenap skuat El Tri. “Saya kecewa. Kami selalu berusaha menang, tetapi Inggris sangat sulit dilawan, mereka tim bagus,” ungkap striker Meksiko, Carlos Vela.

“Tetapi kami masih bisa memetik hal positif. Kami menguasai bola dengan bagus, tetapi harus bisa lebih mengancam melalui bola mati dan memanfatkan setiap kesempatan yang ada,” pungkas Carlos Vela.

JIBI/SOLOPOS/yms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya