SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sit-up merupakan salah satu latihan yang ampuh membentuk otot perut. Namun, jika dilakukan terus menerus tanpa latihan lainnya, sit-up justru membuat perut semakin membuncit. Mengapa demikian?

Sit-up rupanya bukanlah olahraga yang efektif mengecilkan perut buncit. Gerakan sit-up hanya efektif membentuk otot perut, bukan membakar lemak. Jadi, jangan bermimpi memiliki perut rata jika hanya melakukan sit-up.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Dikutip dari The Independent, Jumat (5/4/2019), lemak sebenarnya berada di dalam lapisan tersembunyi di perut. Lemak biasanya menyelimuti organ dalam, seperti hati dan usus yang disebut dengan nama lemak visceral. Sementara bagi yang ingin membakar lemak semestinya melakukan latihan ekstra, bukan hanya sit-up.

Jadi, anggapan sit-up sebagai latihan efektif membakar lemak perut hanyalah mitos. Olahraga terbaik untuk membakar lemak adalah angkat beban. Semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar.

Sejumlah hasil penelitian menyebut latihan angkat beban secara rutin meningkatkan metabolisme tubuh hingga 15 persen. Selain itu, Anda bisa melakukan plank untuk membentuk otot dan memperkuat sendi.

Yang tak kalah penting adalah menjaga pola makan. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula, lemak, serta garam tinggi. Perbanyaklah konsumsi protein untuk mempercepat pembentukan otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya