SOLOPOS.COM - Ilustrasi Wifi Gratis (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Hampir semua tempat makan atau kafe di kota-kota besar saat ini menyediakan fasilitas wifi gratis bagi pengunjungnya.

Fasilitas wifi gratis menjadi nilai tambah bagi rumah makan, kafe, atau taman. Sehingga pengunjung tak sekadar makan atau santai tapi juga bisa bekerja atau belajar. Bahkan, tidak jarang orang sengaja mengunjungi suatu tempat karena tersedia wifi gratis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apalagi di tengah pandemi, aktivitas belajar baik siswa maupun mahasiswa dilakukan secara daring. Dapat mengakses wifi gratis memang menyenangkan dan bisa menghemat pengeluaran uang, tentunya. Tapi sebaiknya tetap hati-hati saat mengakses wifi gratis di tempat umum, karena ada bahaya yang mengintai gadget Anda.

Serangan siber diprediksi dapat terjadi melalui akses Internet nirkabel seperti wifi di tempat-tempat umum. Oleh karena itu, kita harus hati-hati saat memanfaatkan akses wifi, terutama jika tidak diketahui pihak mana yang menyediakannya.

Ini lima hal yang penting yang harus kalian perhatikan saat memakai wifi gratis, seperti dirangkum dari beberapa sumber, Senin (22/9/2020).

BNN Gerebek Ruko Di Palembang, 6 Ditangkap 1 Diantaranya Anggota DPRD

1. Perhatikan warna aman

Hal ini perlu untuk diperhatikan, bila ingin memastikan keamanan jaringan saat menggunakan wifi di tempat umum,  lihat dulu warna jaringan. Ketika membuka browser seperti misalnya Google Chrome biasanya ia akan menunjuk pada simbol gembok yang dapat berubah warna seiring kondisi keamanan jaringan. Warna yang aman adalah warna hijau, sedangkan warna merah, maka jangan coba-coba melakukan transaksi apapun. Arti warna merah tersebut yakni jaringan yang kalian gunakan sedang di-tapping.

2. Hindari melakukan transaksi online

Transaksi online seperti mobile banking atau belanja di e-commerce bisa berisiko saat kamu menggunakan koneksi internet dari wifi gratis. Tanpa sistem keamanan yang memadai, jejak digital yang tertinggal bisa disalahgunakan orang jahat untuk mencuri data bahkan uang di rekening. Memasukkan informasi nomor kartu kredit di jaringan internet yang tak aman bisa membuat kamu jadi sasaran empuk cyber crime.

3. Matikan transmitter wifi setelah digunakan

Setelah selesai menggunakan wifi gratis, matikan transmitter di ponsel kamu. Jika tidak, ada risiko lokasi di mana kamu berada bisa dilacak orang lain yang berniat jahat.

Selain itu, dengan menyalakan wi-fi padahal tidak dipakai juga bisa membuat batere smartphone boros dan membuat pihak lain bisa mengumpulkan datamu untuk mengirimkan iklan-iklan yang tidak penting. Jadi jangan lupa untuk mematikan wi-fi jika urusan per-internet-an sudah selesai.

Kenal Lewat Aplikasi Kencan Online, Cewek Inggris Diperkosa Cowok Prancis Di Thailand

4. Gunakan VPN

Kalian bisa membuat data-data di ponsel tetap aman dengan menggunakan VPN (Virtual Pivate Network). VPN bekerja dengan menampilkan alamat IP yang acak, VPN akan menyembunyikan mesin gadget kamu dari pengiklan liar dan juga hacker.

5. Gunakan koneksi yang aman

Sebagian besar situs terkemuka dan terpercaya menggunakan URl https. Mereka memakai tautan berawalan https yang secara otomatis akan mengarahkanmu ke versi link yang lebih aman. Jadi jika menemukan situs yang hanya berekstensi http, kamu harus waspada, terlebih lagi saat menggunakan wifi gratis.

6. Menyambungkan Wifi secara manual

Pastikan bahwa kalian harus memilih sendiri jaringan Wifi di laptop, tablet, atau ponselmu. Sebisa mungkin jangan hubungkan jaringan Wifi secara otomatis.

Kamu harus memastikan bahwa telah mengklik pilihan “lupa jaringan” atau “forget network” jika telah selesai menggunakan wifi publik tersebut untuk menghindari pengambilan informasi perangkatmu saat kamu kembali ke tempat tersebut.

Kamu juga perlu mematikan Wi-Fi sharing atau yang biasa dikenal dengan tethering ketika jaringan wifimu sudah tidak digunakan lagi. Hal ini untuk meminimalisasi tindak kejahatan oleh hacker terhadap jaringan Internetmu.

Rekor Mingguan Kasus Baru Covid-19 Pecah, Hampir 2 Juta Dalam 7 Hari

7. Hindari mengakses informasi sensitif

Wifi publik tidak seharusnya digunakan untuk mengakses email, transaksi perbankan online, mengakses akun kartu kredit atau jenis informasi sensitif lainnya. Hal-hal sensifit semacam ini harusnya dilakukan di rumah di mana akses internet lebih aman.

Jika kamu ingin mengakses informasi sensitif semacam ini di ruang publik, sebaiknya kamu menggunakan data selulermu sendiri agar keamanan lebih terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya