SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO-Apakah Anda sering memeluk anak Anda? Ternyata kebiasaan sering memeluk anak ini memiliki efek positif bagi anak di kemudian hari. Penelitian menyebutkan anak yang sering mendapat pelukan hangat orang tua tumbuh jadi anak pintar.

Bukan hanya menyehatkan secara psikologis, tapi bisa berdampak dahsyat pada aspek kognitif atau kepintaran anak-anak. Hal ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan tim dari Nationwide Children’s Hospital di Ohio, Amerika Serikat. Penelitian tersebut melibatkan 125 bayi, baik yang lahir secara prematur maupun yang lahir di usia matang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui respons bayi pada kontak fisik.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Hasilnya menunjukkan bayi prematur merespons kasih sayang lebih rendah daripada bayi yang lahir di usia matang. Pada bayi yang mendapatkan sentuhan fisik baik dari orang tua maupun tim medis rumah sakit, menunjukkan respons otak yang lebih kuat.

“Sentuhan fisik atau mengayunkan bayi di lengan akan membuat perbedaan besar dalam menentukan bagaimana otak mereka berkembang. Pastikan bayi prematur juga menerima sentuhan positif dan supportif seperti perawatan skin to skin oleh orang tua. Ini sangat sangat penting bagi perkembangannya,” ujar Dr. Nathalie Maitre, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Newsner dan ditulis liputan6.com, belum lama ini.

Pada dasarnya, kasih sayang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Jadi, peluk bayi dan anak-anak kesayangan Anda sebanyak yang Anda bisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya