SOLOPOS.COM - Standar samping dengan fitur Side Stand Switch. (Momotor.id)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor terbaru khususnya motor matik rata-rata sudah dilengkapi dengan fitur Side Stand Switch pada standar sampingnya. Fitur ini merupakan fitur pengaman, ketika pengendara belum menaikkan standar samping mesin tidak bisa menyala.

Namun dengan fitur ini ternyata banyak pengendara motor yang malas mematikan mesin skuter matiknya dengan memutar kunci kontak dari on ke off. Mereka memilih memanfaatkan fitur Side Stand Switch ini untuk mematikan motor.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Dikutip dari Momotor.id, dan Wahana Honda, mematikan mesin motor dengan fitur Side Stand Switch pada standar samping sebenarnya tak direkomendasikan. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka bisa berakibat pada borosnya aki.

Baca juga: Kamu Harus Tahu! Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru dan Hijau

Karena pada motor matik, banyak bagian yang butuh kelistrikan dan tidak otomatis langsung mati saat pengendara mengaktifkan standar samping. Jika motor dimatikan bukan dengan cara memutar tombol power off mesin bisa membuat daya pada aki cepat terkuras.

Pengisian arus pada aki bergantung pada putaran mesin motor. Saat mesin motor matik dalam kondisi mati akibat mengaktifkan standar samping bisa membuat pengisian arus ke aki jadi terhenti. Banyak perangkat yang tetap butuh arus listrik dari aki.

Baca juga: Kepincut Yamaha NMAX? Ini Daftar Harga Bekasnya

Efek negatifnya, lama kelamaan akan membuat aki jadi lemah dan akhirnya soak. Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya matikan mesin motor matik dengan kunci kontak diputar ke posisi off. Bukan hanya mengaktifkan standar samping.

Dengan cara ini, seluruh komponen yang menyedot listrik akan ikut mati dan tidak membebani kinerja aki motor. Jadi sebaiknya tetap biasakan mematikan motor menggunakan anak kunci atau memutar tombol power ke posisi off.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya