Sering Evakuasi Mobil Masuk Jurang, Ini Wujud Ransus Polisi Karanganyar

Ransus Polisi Karanganyar memang didesain khusus untuk keperluan SAR.

 Truk SAR Polres Karanganyar mengevakuasi sebuah mobil Daihatsu Zebra Espass AD 9466 RH dari jurang di Jurang Kere, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, 21 Mei 2022. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Truk SAR Polres Karanganyar mengevakuasi sebuah mobil Daihatsu Zebra Espass AD 9466 RH dari jurang di Jurang Kere, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, 21 Mei 2022. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pada Sabtu 21 Mei 2022 lalu, sebuah mobil Daihatsu Zebra Espass berpelat nomor AD 9466 RH tak kuat menanjak di jalan Jurang Kere, di kawasan barat Pasar Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Akibatnya, mobil ngglondor (berjalan mundur tak terkendali) dan masuk ke jurang sedalam sekitar 10 meter di sisi jalan. Dalam kejadian itu sang sopir selamat, hanya terluka ringan.

Sebelumnya, pada 9 Maret 2022 Ahmad Nur Kholisuddin, warga Manggis RT 02 RW 11, Kelurahan Lalung, Karanganyar, mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal di sekitar jalan Desa Brujul, Kecamatan Jaten. Kecelakaan ini menyebabkan mobil Toyota Kijang Innova yang ia kemudikan masuk ke dalam selokan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Pada 5 Maret 2022, sebuah mobil Suzuki Carry pikap juga terperosok ke parit Jalan Solo-Tawangmangu, tepatnya di kawasan timur SPBU Sapen, Mojolaban, Sukoharjo. Pengemudi pikap, Nardi, 53, warga Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar selamat dan hanya mengalami luka ringan.

Proses evakuasi ketiga kendaraan itu melibatkan warga, petugas berbagai instansi, dan sukarelawan. Tak ketinggalan, sebuah kendaraan khusus (ransus) berupa truk polisi diterjunkan untuk mempermudah dan mempercepat proses evakuasi.

Truk milik Polres Karanganyar ini cukup mencuri perhatian warga. Sebab truk ini memiliki desain khusus sehingga bentuknya berbeda dengan truk polisi lainnya.

Baca Juga: Sunarto Terpilih Jadi Kades Baturan, Bupati Karanganyar Minta Ini

Ya, truk ini memang dibuat khusus untuk berbagai keperluan darurat, misalnya evakuasi, pengangkatan barang, dan keperluan SAR saat terjadi bencana alam.

Yang paling menonjol adalah truk ini memiliki lengan di bagian belakang yang bisa menjangkau lokasi yang curam, tinggi, atau jauh yang sulit dijangkau dengan tangan manusia. Lengan ini bisa dikendalikan dan dipanjangkan hingga beberapa meter sesuai dengan lokasi sasaran.

Sementara itu, bodi truk ini juga tidak terlalu besar sehingga lincah di jalanan dan mampu melewati jalan-jalan yang tidak terlalu lebar.

Baca Juga: Dishub Karanganyar Rampungkan Kajian, BST Segera Masuk ke Karangpandan

Lalu bagaimana dengan spesifikasi lainnya? Kasi Humas Polres Karanganyar AKP Agung Purwoko mewakili Kapolres AKBP Danang Kuswoyo mengatakan, truk ini bermerek Isuzu yang dengan spesifikasi kendaraan khusus (ransus) untuk keperluan SAR. “Truk ini merupakan kendaraan khusus atau ransus SAR, keluaran 2016,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Dalam melaksanakan tugasnya, truk ini dioperasikan oleh personel Satuan Samapta. Truk tersebut juga cukup bertenaga karena dibekali mesin 4.575 cc dengan peralatan tambahan untuk mengangkat beban hingga 1,5 ton. “Truk ini mampu mengangkat atau menarik beban sampai 1,5 ton tergantung situasi dan kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Apabila masyarakat mengalami kondisi darurat dan membutuhkan pertolongan informasi evakuasi dengan truk ini, bisa menghubungi nomor 0817445549.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Tertangkap! Ini Dia Maling Sepeda di Depan Masjid Agung Karanganyar

Polres Karanganyar berhasil membekuk lelaki diduga maling sepeda ontel di kawasan Alun-alun Karanganyar yang aksinya sempat terekam kamera CCTV.

Keluarga Remaja Wonogiri yang Hilang Adukan Guru Silat ke Polisi

Keluarga perempuan asal Kabupaten Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun, MD, 17, mengajukan laporan pengaduan (Lapdu) ke polisi.

Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?

Tiga parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Solo mengadakan pertemuan selama dua jam di salah satu hotel di Kota Bengawan.

Serunya CFS Wonogiri, Pengunjung hingga Bakul Tengkleng Semuanya Girang

Car free sunday (CFS) di Kota Wonogiri akhirnya digelar, Minggu (26/6/2022).

Espos Plus: Tujuan Konser, Transformasi Jakarta hingga Jackson Effect

Berita terkait tujuan digelarnya konser musik pada zaman dulu dan sekarang, transformasi Jakarta serta The Jackson Effect di hari kematian sang Raja Pop menjadi sajian menu Espos Plus edisi Minggu (26/6/2022).

Sapi Suspek PMK di Karanganyar Dijual Murah, Begini Komentar DPRD

Sejumlah peternak di Karanganyar, Jawa Tengah rela menjual murah ternak sapi lantaran khawatir mati di kandang gara-gara sakit.

Begini Keseruan Ganjar-Rudy Nonton Denny Caknan di Vastenburg Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo alias Rudy tampak menikmati keseruan konser Trisakti Bulan Bung Karno yang menghadirkan penyanyi Denny Caknan di Benteng Vastenburg Solo.

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.