SOLOPOS.COM - Para pedagang mulai berjualan di Selter Manahan Solo, Kamis (5/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Paguyuban pedagang kaki lima (PKL) Selter Manahan memilih tetap berjualan full selama Ramadan 2023 karena beberapa kali kawasan kuliner tersebut sempat diliburkan karena adanya event besar di Kota Solo.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membangun ulang Selter Manahan di Jl. K.S. Tubun, Kecamatan Banjarsari, Solo atau sisi barat Stadion Manahan. Sementara Jl. Menteri Supeno Solo untuk trek jogging dan bebas pedagang kaki lima (PKL) pada Januari 2023.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setiap selter berukuran 3 meter x 3 meter dengan fasilitas listrik dan wastafel untuk mencuci peralatan memasak. Terdapat ikon Solo The Spirit Of Java dan maskot Rajamala yang dipasang di sekitar selter.

Ketua Paguyuban Goyong Royong, Koko Kuncoro, menguraikan saat ini terdapat 120 PKL yang mengais rezeki di sana. Ia menguraikan jumlah pembeli relatif ramai setiap hari, terutama jam makan siang dan malam hari.

Koko menjelaskan para pedagang Selter Manahan memilih tetap buka dengan seperti hari-hari sebelumnya selama Ramadan. “Pedagang memilih buka, sekarang sebagian sudah pada buka. Kemarin diliburkan sama Pemkot 1 pekan,” ujar Koko saat dihubungi Solopos.com Jumat (31/3/2023).

Sebelumnya, saat inspeksi FIFA untuk persiapan Piala Dunia U-20, PKL Manahan diminta libur oleh Pemkot Solo belum lama ini. Menurut Koko hampir seluruh pedagang di Selter Manahan menggantungkan hidupnya dari berjualan di sana. Rata-rata omzet pedagang jika dipukul rata sebesar Rp500.000-an per hari. Tidak ada kenaikan omzet yang signifikan saat Ramadan, karena banyak lokasi jualan takjil di Kota Bengawan.

Koko menuturkan bahwa setelah libur selama delapan bulan, para pedagang di Selter Manahan berusaha mencari modal kembali. Mereka berencana memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk lebih banyak meraup keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya