SOLOPOS.COM - Alat musik keyboard. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sering jadi acara hiburan di resepsi pernikahan, bisa jadi banyak yang belum tahu beda electone dan organ tunggal. Apakah alat musik itu sama atau bagaimana?

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2023), electone sebenarnya adalah merek dagang yang digunakan untuk organ elektronik yang diproduksi oleh Yamaha. Sebagian besar desain Electone diadopsi dari organ elektronik spinet. Model terbaru sudah benar-benar digital dan diisi dengan banyak jenis suara, efek, dan iringan otomatis. Fungsi yang lain adalah kemampuan untuk menyimpan data program pada penyimpanan eksterna

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Setelah Hammond menjadi pionir yang organ elektronik pada tahun 1930-an, perusahaan lain mulai memasarkan organ elektronik versi mereka sendiri. Pada akhir tahun 1950-an, muncul berbagai merk terkenal organ elektronik selain Hammond seperti, Conn, Kimball, Lowrey, dan lain-lain, sementara perusahaan-perusahaan seperti Allen dan Rodgers memproduksi organ elektronik besar yang dirancang untuk gereja dan teater.

Jika merujuk penjelasan dari Facebook Yamaha, beda dari electone dan organ tunggal tidak ada. Karena electone juga disebut  organ tunggal.  Jadi, electone biasanya memiliki deretan tuts 2 baris, pedal kakinya juga sangat banyak. Hal ini membuat electone sering disebut sebagai one man band, di mana satu orang saja bisa memproduksi musik layaknya satu band. Sedangkan keyboard, memiliki satu baris tuts dan sifatnya portabel, bisa dibawa ke mana-mana

Untuk lebih jelasnya berikut ini perbedaannya seperti dikutip dari quora.com pada Rabu (23/8/2023), keyboard dalam alat musik dibagi ke beberapa jenis:

1. Piano

Alat musik akustik berdawai di mana dawai tersebut dipukul oleh martil yang terhubung dengan keyboard. Untuk keyboard elektrik dengan suara piano disebut piano elektrik.

2. Organ

Alat musik akustik yang terdiri dari pipa-pipa yang juga dikontrol oleh pemainnya melalui keyboard. Saat ini organ akustik sudah sangat jarang, kebanyakan digantikan oleh organ elektrik.

3. Electone/Arranger

Keyboard elektrik yang dikhususkan untuk one man band (satu orang pemain mewakili semua alat musik). Orang Indonesia sering menyebut organ tunggal padahal suara yang dihasilkan sangat beragam, bukan hanya suara organ. Electone sering kita jumpai pada acara resepsi pernikahan.

4. Synthesizer

Keyboard electric yang lebih fokus ke efek suara realtime. Lebih cocok dipakai di studio untuk rekaman. Banyak juga DJ maupun band yang menggunakan synthesizer saat mereka konser sebagai pelengkap untuk menambah suara-suara ber efek tertentu saat mereka perform.

5. Workstation

Keyboard elektrik kasta tertinggi yang memiliki fungsi paling lengkap. Keyboard ini bisa berfungsi mewakili semua jenis keyboard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya