SOLOPOS.COM - Inilah skuad Timnas Inggris saat menghadapi Polandia pada babak kualifikasi menuju Brasil. Ist/liverpoolecho.co.uk

Solopos.com — The Three Lions menempati posisi puncak Grup H Eropa untuk mencapai Piala Dunia FIFA 2014, setelah mengamankan kemenangan pertandingan terakhir melawan Polandia. Kemenangan ini seakan balas dendam atas kekalahan mereka empat dekade silam, ketika mereka imbang menghadapi lawan yang sama dan tak lolos ke Piala Dunia 1974.

Sekalipun demikian, jalan menuju Brasil 2014 sebenarnya tidak semulus sepeeti yang diharapkan bahwa tidak selancar ketika Inggris mencapai Piala Dunia Afrika Selatan empat tahun silam. Ketika itu mereka memenangi sembilan dari sepuluh pertandingan dalam perjalanan ke putaran final 2010 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun Roy Hodgson memandu timnya dengan predikat tak terkalahkan, hingga kualifikasi otomatis menyelamatkan Inggris pada pertandingan terakhir di Wembley. Inggris yang selama ini dianggap sebagai salah satu kiblat sepak bola dunia, namun selalu saja The Three Lions mengalami kesulitan ketika hendak menuju puncak kemenangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dua kali seri melawan rival terdekat Ukraina, serta sempat mengalami kebuntuan di Warsawa dan Podogorica, membuat pendukung Inggris dirasuki rasa waswas dan keraguan, sampai kemudain kapten Steven Gerrard akhirnya mencetak gol terlambat dalam pertandingan kandang melawan Polandia untuk menggandakan keunggulan Inggris dan mengamankan tempat ke Brasil.

  • Catatan Piala Dunia

Inggris telah tampil dalam 13 edisi Piala Dunia FIFA, termasuk tujuh kali dalam delapan besar. Mereka berada di bawah-par di Afrika Selatan 2010, nyaris lolos dari grup dengan kemenangan di pertandingan terakhir melawan Slovenia, sebelum kemudian kalah dari tim asuhan Joachim Low, Jerman, 4-1 di panggung 16 besar.

Three Lions pernah menjuarai Piala Dunia FIFA sekali, pada 1966 ketika mereka menjadi tuan rumah, tapi sejak itu harus terlempar di awal. Sir Bobby Robson datang dengan nyaris menyamai pencapaian “Wingless Wonders” Sir Alf Ramsey, membimbing Inggris ke semifinal di Italia 1990, meski hanya untuk tersingkir melalui adu penalti lawan Jerman.

  • Pemain kunci

Wayne Rooney tetap menjadi andalan dan pemain paling berbakat Inggris dan tujuh gol dalam enam laga kualifikasi Piala Dunia menunjukkan pentingnya striker ini untuk kubu Roy Hodgson. Di lini tengah, Gerrard dan Frank Lampard memberikan pengalaman dan kreativitasnya, sementara penembak muda Jack Wilshere, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Andros Townsend menjadi daya serang Three Lions.

Danny Welbeck dengan kualitasnya, mencetak empat gol dalam perjalanan Inggris menuju putaran final, sedangkan Daniel Sturridge sebagai pemain depan top Liga Primer Inggris hanya sebagai opsi peluru serangan Roy Hodgson menuju Brasil.

  • Pelatih: Roy Hodgson
  • Peringkat FIFA: 12

 

  • Prestasi terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia FIFA Inggris 1966 (juara).
  • Mantan bintang: Sir Bobby Charlton, Peter Shilton, Gary Lineker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya