SOLOPOS.COM - Ini dia Timnas Belgia yang akan diturunkan di Piala Dunia 2014 Brasil. Ist/standard.co.uk

Solopos.com — Belgia menuju pergelaran sepak bola kelas dunia, Piala Dunia 2014 di Brasil dibangun dengan kerja keras. Kini, tim yang julukannya sama dengan Manchester United ini Les Diables Rouges (Red Devils) ini menempatkan para pemain sepak bola dalam generasi emas yang bisa jadi akan mengejutkan Brasil.

Timnas Belgia membuktikannya dalam perjalanan menuju Brasil. Mereka memuncaki Grup A di atas Kroasia, Serbia, Skotlandia, Wales dan Macedonia, setelah hampir menyempurnakan semua laga.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Mereka hanya kehilangan poin saat ditahan imbang di laga awal melawan Kroasia dan kebuntuan kedua di laga terakhir saat mereka sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Mereka mengamankan pencapaiannya dalam pertemuan kedua dengan Kroasia, kemenangan 2-1 sangat baik di Zagreb berkat gol ganda Romelu Lukaku, salah seorang dari beberapa talenta yang telah menambahkan dimensi baru dalam permainan sejak ia merumput di Liga Utama Inggris.

  • Catatan Piala Dunia

Anggota pendiri FIFA, Belgia, telah mengambil bagian 11 kali dalam putaran final Piala Dunia FIFA dan kekuatan yang selalu ada antara tahun 1982-2002.

Pada 1998, ketika dilatih Georges Leekens hanya berada di tempat ketiga grup dan tersingkir lebih awal, sedangkan pada 2002 bersama Robert Waseige mereka jatuh pada babak 16 besar melawan Brazil yang akhirnya juara.

Tidak satu pun tim-tim Belgia sejauh ini bisa menyamai generasi berkilau Meksiko 1986, ketika mereka mencapai semifinal sebelum menyerah dari Argentina.

  • Pemain kunci

Di atas kertas, Belgia bisa memanggil armada bintang, semua memainkan perannya di kejuaraan paling bergengsi di Eropa. Bakat-bakal mencolok seperti Nacer Chadli dan Eden Hazard yang sedang dekat dengan karir puncaknya.

Selain itu, ada Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne, Thibaut Courtois, dan Toby Alderweireld adalah bintang yang baru muncul, sementara pemain-pemain seperti Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, Axel Witsel, Marouane Fellani dan Steven Defour telah menempatkan diri sebagai figur senior.

  • Pelatih: Marc Wilmots

 

  • Peringkat FIFA: 10

Penampilan terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia Meksiko 1986 (tempat ketiga), Turnamen Sepakbola Olimpiade Antwerp 1920 (juara).

Mantan bintang: Enzo Scifo, Jean-Marie Pfaff, Marc Wilmots.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya