Inilah skuad timnas Honduras yang akan tampil di ajang PD 2014 di Brasil

Solopos.com -- Menyusul tersingkir dari fase grup Piala Dunia Afrika Selatan 2010 dan kepergian sang pelatih Reinaldo Rueda, Honduras sempat mengalami masa-masa bergejolak. Namun, perekrutan pelatih anyar Luis Fernando Suarez pada Maret 2011 silam, telah membawa stabilitas pada skuad nasional Honduras.

Sang pelatih terbukti sukses membawa timnas U-23 Honduras menjejakkan kaki di perempat final Turnamen Sepakbola Olimpiade London 2012. Setelah terukur kualitas generasi baru tim sepak bola negara itu, Suarez pun mengatur tentang peremajaan penuh tim nasional dan memboyong beberapa anak muda masuk skuad.

Hasilnya adalah kinerja meyakinkan di putaran tiga CONCACAF, dimana Los Catrachos memuncaki grup menang selisih gol dengan Panama untuk menyingkirkan Kanada dan Kuba.

Mereka selanjutnya mengambil tempat ketiga dan langsung masuk kualifikasi di fase final enam-tim. Honduras hanya kehilangan empat poin, dan mengalahkan Meksiko di benteng mereka di Azteca pada September 2013 untuk memastikan tempat di Brasil sekaligus menjadi ancaman baru di ajang Piala Dunia 2014 bagi rival-rival mereka.

Setelah kembali dari hampir tiga dekade absen di Piala Dunia FIFA, Honduras dihadapkan dengan lawan-lawan tangguh di Afrika Selatan, termasuk juara dunia Spanyol. Honduras memulai turnamen dengan kekalahan 0-1 dari Chile, dan kalah 2-0 dari Spanyol.

Honduras pernah menahan imbang Spanyol 1-1 pada 1982 dan melanjutkan dengan skor sama melawan Irlandia Utara, sebelum kemudian langkahnya di penyisihan grup terhenti karena kalah 0-1 dari Yugoslavia.

  • Pemain kunci

Bek kiri Emilio Izaguirra yang bersama Celtic pada musim kompetisi 2010/11 dinobatkan sebagai pemain terbaik liga primer Skotlandia, bakal menjadi kekuatan kunci lini belakang Honduras.

Wilson Palacios yang bermain di Stoke City juga merupakan bagian penting dari teka-teki Honduras, selain pengisi barisan depan Carlo Costy, dan Jerry Bengtson yang mencetak sembilan gol di London 2012.

  • Pelatih: Luis Fernando Suarez

 

  • Peringkat FIFA: 36

Penampilan terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia FIFA Spanyol 1982, Afrika Selatan 2010 (fase grup).

  • Mantan bintang: Amado Guevara, Carlos Pavon, Danny Turcios.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten