SOLOPOS.COM - Pelatih kepala Tim Amerika Serikat Jurgen Klinsmann (tengah) sedang memberi pengarahan kepada para pemain. Ist/FIFA.com

Solopos.com — Timnas Amerika Serikat (AS) memulai babak kualifikasi Zona CONCACAF dengan buruk setelah kalah 1-2 dari Honduras. Namun, tim asuhan Jurgen Klinsmann ini berbalik 180 derajat pada laga-laga selanjutnya untuk kemudian menduduki posisi pertama grup.

Klinsman diberkati para pemain tua berpengalaman dan juga para pemain muda yang dengan bebas bisa mengubah formasi serta menciptakan atmosfer yang dipenuhi kepercayaan diri dan semangat bersaing dalam tim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

AS memenangi tujuh dari sepuluh laga grupnya dan melesakkan gol paling banyak di grupnya dengan 15 gol, kemasukan delapan, kalah satu kali dan menjadi juara grup dengan empat poin di atas runner-up Kosta Rika. Jika penampilan cemerlang ini berlanjut maka AS akan bersinar di Brasil.

  • Catatan dalam Piala Dunia

AS pertama kali mengikuti putaran final pada Piala Dunia 1930 ketika kemenangan 3-0 dari Paraguay dan Belgia membawanya ke tempat ketiga yang sampai kini merupakan pencapaian terbaik tim luar Eropa dan Amerika Selatan di turnamen akbar ini.

Empat tahun kemudian AS tersingkir di babak pertama, namun menciptakan sensasi pada Piala Dunia 1950 di Brasil ketika di bawah kepemimpinan kiper Frank Borghi yang luar biasa, mereka mengalahkan tim kuat Inggris di Belo Horizante.

Pada Piala Dunia 1990, AS kembali tersisih di babak grup, namun kala menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994, mereka lolos sampai babak knock out. Sejak itu AS tampil konsisten. Setelah Piala Dunia Prancis 1998, AS kemudian mengalahkan Portugal dan Meksiko pada Piala Dunia Korea/Jepang 2002 namun tak bisa tampil di semifinal akibat dikalahkan Jerman. Pada Piala Dunia Jerman 2006, AS kembali tersisih di babak grup, namun pada 2010 di Afrika Selatan lolos ke 16 besar.

  • Pemain kunci

Jozy Altidore yang bermain untuk klub Liga Inggris Sunderland menjadi instrumental selama laga kualifikasi yang dipasangkan Klinsmann dengan Clint Dempsey di depan, sedangkan pemain ikonik Landon Donovan kembali memperkuat tim bermitra dengan gelandang AS Roma Michael Bradley. Dengan Tim Howard masih dominan di bawah mistar gawang, AS masih akan mampu memperlihatkan kemampuannya.

  • Pelatih: Jurgen Klinsmann
  • Peringkat FIFA: 14

Prestasi terbaik pada kompetisi FIFA: Piala Dunia Uruguay 1930 (ketiga), Piala Konfederasi Saudi Arabia 1992, Piala Konfederasi Meksiko 1999 (ketiga), Piala Dunia U-20 Saudi Arabia 1989 (keempat), Piala Dunia U-17 Selandia Baru 1999 (keempat), Piala Konfederasi Afrika Selatan 2009 (kedua).

  • Jadwal pertandingan Amerika Serikat:

– 16 Juni melawan GHANA di Natal (Estadio das Dunas)

– 22 Juni melawan PORTUGAL di Manaus (Arena Amazonia)

– 26 Juni melawan AS di Recife (Arena Pernambuco).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya