SOLOPOS.COM - Ini dia tim nasional Belanda yang akan berlaga di Pila Dunia Brasil 2014. (Ist/thesun.co.uk)

Solopos.com — Belanda melaju ke Brasil dengan catatan impresif, meraih poin tertinggi dan 28 gol, terbanyak kedua zona Eropa setelah Jerman dengan 34 gol. Bermain imbang 2-2 dengan Estonia hanyalah cacat kecil dalam kampanyenya yang nyaris sempurna.

Menorehkan kemenangan nyaman atas tiga pesaing utamanya di Grup D, Turki, Rumania, dan Hungaria dalam empat pertandingan pembuka untuk lolos otomatis dari babak kualifikasi. Bahkan Hungaria dihabisinya dengan skor telak 8-1.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Menang 2-0 atas Andorra dalam pertandingan berikutnya telah mengantar tim Oranye, bersama Italia, menjadi tim pertama yang mengamankan tempat di Brasil 2014. Mereka mengakhiri babak kualifikasi dengan selisih 9 poin di atas Rumania, kesenjangan poin yang hanya bisa disamai oleh tetangganya, Belgia.

Dengan pelatih legendaris Rinus Michels menarik Johan Cruyff, Johan Neeskens, dan Co dari bangku cadangan, mereka memenangkan tempat final 1974 meski hanya untuk dikalahkan tuan rumah.

Empat tahun, revolusi total football Belanda telah kembali membawanya ke panggung dunia, tapi sejarah berulang saat mereka kalah lagi dengan tua rumah Argentina, menyerah 1-3 di Buenos Aires pada 1978.

Tim Oranye kemudian mengalami patah hati di final untuk ketiga kalinya di Johannesburg 2010, empat menit menjelang babak perpanjangan waktu berakhir, gol Andres Iniesta menghancurkan impian mereka.

  • Pemain kunci

Robin van Persie yang mencuat sebagai salah seorang striker terbaik dunia menjadi keuntungan besar bagi Belanda, dimana pemain Manchester United itu di urutan teratas grafik pencetak skor dengan 11 gol.

Dia akan diperkuat dengan pemain-pemain seperti Jermaine Lens–yang berkembang menjadi bagian penting Oranye–dan Rafael van der Vaart. Arjen Robben terus menjadi ancaman di sayap, sementara Kevin Strootman dan Daryl Janmaat menjadi komponen kunci tim.

  • Pelatih: Louis Van Gaal

 

  • Peringkat FIFA: 11

Prestasi dalam kompetisi FIFA: Piala Dunia 1974 Jerman, Argentina 1978, Afrika Selatan 2010 (runner-up), Turnamen Sepakbola Olimpiade London 1908, Stockholm 1912, Antwerp 1920 (tempat ketiga), Piala Dunia U-17 Peru 2005 (tempat ketiga).

  • Mantan bintang: Johan Cruyff, Marco van Basten, Dennis Bergkamp.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya