Serem Banget, Ini 5 Tempat Angker di Solo
Omah Lowo. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi para pelancong di Indonesia. Selain terkenal dengan aneka kuliner lezat, Kota Solo juga terkenal punya sejumlah tempat yang diduga angker

Hal itu dikatakan oleh sejumlah warga sekitar maupun wisatawan yang datang ke Solo. Tapi, benarkah Kota Solo angker?

Dikutip dari Wikipedia Rabu, (26/2/2020) Kota Solo berdiri sejak Keraton Kartasura mengalami kerusakan parah akibat peperangan antara Pakubuwono II dan Sunan Kuning pada 1742, yang lebih dikenal dengan Geger Pecinan.

Kisah Yusuf, Guru PNS di Solo Berpenghasilan Rp25 Juta

Dulunya Kota Solo bernama Sala akibat kesalahan penyebutan dari orang-orang Eropa. Tetapi, kota ini lebih terkenal dengan nama Solo. Meski nama resmi kota ini adalah Surakarta, kebanyakan orang memang lebih suka menyebutnya Solo.

Kota Solo yang dulunya merupakan Keraton Surakarta Hadiningrat ini juga menyimpan berbagai cerita mistis yang melegenda di kalangan masyarakat sekitar secara turun temurun. Penasaran apa saja? Ini daftar lima tempat di Kota Solo yang diduga angker:

Paragon Hotel

Hotel mewah bintang empat yang terletak di Jl. Dr. Sutomo, Mangkubumen, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, ini disebut-sebut angker. Kabarnya orang-orang yang menginap di hotel ini kerap diganggu aktivitas makhluk halus.

Ada yang mengatakan ketika malam hari mereka mengaku sering mendengar suara tangisan perempuan, bunyi keran air mengalir, melihat sofa kamar yang tiba-tiba bergeser, serta sejumlah kejadian ganjil lainnya.

Hotel Paragon Solo. (Pegi-Pegi)

Menurut masyarakat sekitar, hotel Solo Paragon diakui angker karena merupakan rumah sakit yang berdiri sejak zaman Belanda. Kisah mistis di hotel yang diresmikan pada Januari 2011 itu tetap melekat sampai sekarang.

Mess Arseto

Tempat tinggal bagi klub sepak bola Arseto ini juga terkenal angker. Dilansir dari akun Youtube milik Joe Kal yang diunggah pada 27 April 2019, bangunan ini dulunya menjadi rumah sakit yang didirikan pada masa pemerintahan Pakubuwono X, bernama Rumah Sakit Kadipolo.

Awalnya rumah sakit itu dibangun khusus untuk abdi dalem Keraton Solo. Namun pada 1948 pengelolaanya diserahkan kepada pemerintah setempat. Kemudian pada 24 April 1977 bangunan ini dialihfungsikan menjadi sekolah keperawatan yang hanya bertahan lima tahun.

Mess Arseto. (Solopos/dok)

Menurut keterangan beberapa warga sekitar, bahkan pemain Arseto yang pernah tinggal di sana, seringkali terlihat penampakan makhluk halus. Seperti wanita berbaju putih layaknya suster zaman dulu. Konon, tempat itu pernah dipakai gantung diri.

Keangkeran bangunan ini membuat tim uji nyali dari reality show misteri yang tayang di televisi nasional penasaran dan ingin menjadikan bekas mess Arseto Solo ini sebagai lokasi uji nyali. Tetapi, permintaan tersebut ditolak pihak setempat dengan maksud mengutamakan keselamatan peserta uji nyali.

Badai Ferdinand Ancam Jateng, Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat

Taman Balekambang

Sekilas tidak ada yang aneh dari Taman Balekambang, khusunya bagi para pelancong yang datang dari luar kota. Akan tetapi, tempat ini dinilai angker oleh masyarakat setempat.

Dilansir dari akun Youtube Solopos TV yang diunggah pada 8 Mei 2015, Taman Balekambang sempat menjadi tempat uji nyali bagi program TV Masih Dunia Lain. Taman peninggalan Sri Mangkunegoro ke-VII yang dibuka 1921 ini memang terkenal angker. Bahkan, bukan sekali dua kali saja pengunjung digangu mahluk halus yang menghuni Taman Balekambang.

Taman Balekambang. (Solopos/dok)

Kepala Unit Teknis Dinas Taman Balekambang kala itu, Endang Sri Murniyati, mengatakan, sejumlah tempat di Balekambang memang menyimpan cerita mistis. Mengutip cerita sejumlah orang Endang menyebut dalam sebuah pementasan tari di panggung terbuka, tiba-tiba ada tambahan penari di panggung yang tidak jelas dari mana datangnya.

Omah Lowo

Rumah bagi ratusan kelelawar ini oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Omah Lowo. Rumah kelelawar merupakan sebuah bangunan tua peninggalan Belanda. Dilansir dari akun Youtube Dannth Yudhiz yang tayang 7 Juni 2019, pada 1945 bangunan ini digunakan oleh prajurit Indonesia untuk bersembunyi saat menghadapi Belanda dan Inggris.

Menurut keterangan salah satu narasumber dari jauh bangunan itu terlihat biasa pada malam hari. Namun ketika melintas di depan bangunan mungkin banyak makhluk halus yang akan mengganggu.

Omah Lowo. (Solopos-dok)

“Kalau malam hari ada suara pintu seperti digedor dari dalam, padahal enggak ada siapa-siapa,” terangnya.

Pemilik akun Youtube itu juga ingin mencoba berinteraksi dengan makhluk astral yang ada di sana, dengan membawa media berupa boneka menyerupai Annabelle.

Dulu Tukang Rosok, Pria Klaten Ini Sukses Buka Warung Sop Ayam

Rel Bengkong

Lintasan jalur kereta api yang melintang di Jl. Slamet Riyadi Solo menjadi keunikan tersendiri bagi masyarakat setempat. Bayangkan di tengah jalan utama Kota Solo yang padat pengendara terdapat jalur rel kereta api yang masih aktif.

Dilansir dari akun Youtube Badboys Production yang diunggah pada 16 November 2017, lokasi yang dikenal masyarakat sekitar dengan nama rel bengkong ini dulunya dibangun pemerintah Belanda dengan memberlakukan sistem kerja rodi pada masyarakat pribumi. Akibatnya banyak korban yang meninggal akibat proses pembangunan rel tersebut.

Menurut warga sekitar lokasi rel bengkong, kerap kali dijumpai kecelakaan yang dialami kendaraan bermotor jika melewati jalur ini pada musim penghujan atau menjelang magrib. Menurut masyarakat tanah Jawa waktu magrib rawan untuk bepergian. Mereka percaya waktu itu banyak makhluk halus berkeliaran. (Ria Sari Febrianti/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho