SOLOPOS.COM - Zakir Naik. (Istimewa)

Serba-serbi kampus kali ini menghadirkan agenda UMY mendatangkan ulama kondang, Zakir Naik.

Solopos.com, SOLO – Pembicara dan ilmuwan Islam ternama dunia, Dr. Zakir Naik, kabarnya bakal menyambangi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tokoh yang juga dikenal sebagai kristolog ini bakal menjadi pembicara di talk show Comparative Religion, April 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Talk show ini merupakan rangkain acara dari milad Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ke 35 bertemakan “Shining Beyond Borders” atau Bersinar Menembus Batas.

Dikutip laman www.umy.ac.id, talk show ini diselenggarakan di kampus UMY dan terbuka untuk masyarakat umum.

“Selain itu juga akan ada International Cultural Festival (ICF) pada 23 Maret, seminar Internasional “Towards World Class University: Internationalization, Entrepreneurship and Partnership” yang akan diisi oleh QS Singapore, DAAD dan AUAP pada 2 April dan pada bulan yang sama juga akan diadakan Talk Show bersama Dr. Zakir Naik yang akan dibuka untuk masyarakat umum,” tulis UMY dalam rilisnya.

Dalam dunia diskusi keagamaan, khususnya diskusi tentang ajaran Islam, nama ulama India Zakir Naik tidak asing lagi. Hal ini lantaran Naik, begitu sapaan akrabnya kerap tampil dalam acara diskusi keagamaan berhadapan dengan para teolog dan pemuka agama lain.

Profil Zakir Naik

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, Rabu (8/7/2015), Naik dikenal membuat lawan diskusinya bungkam tentang ajaran agamanya, karena pemikirannya yang kritis. Ulama tersebut lahir di Mumbai, 18 Oktober 1965. Kabarnya ia telah menarik ribuan masyarakat Hindu di India menjadi mualaf lewat dakwahnya.

Sebagaimana pernah dilansir Nahimunkar, selaku pendakwah muslim, Naik tidak hanya belajar Alquran tapi juga belajar kitab suci agama lain, seperti Weda, Tripitaka, dan Bhagavad gita.

Seorang psikolog Thomas Blom Hansen, menulis bahwa Naik turut mengabadikan Alquran dan hadis dalam pelbagai bahasa. Terpantau Solopos.com, ia memiliki saluran di situs Youtube untuk laman penyebaran diskusi-diskusinya di pelbagai negara.

Di kalangan jurnalis dan analis politik, Naik dikenal dengan gaya bicaranya yang lugas. Ketika menjabarkan tentang konsep Islam pun, Naik tidak berbelit-belit dan ulasannya tajam.

Tekat Naik sebagai pendakwah kabarnya dilatarbelakangi karena keinginannya menunjukkan kepada dunia tentang konsep Islam yang  kerap dipandang tidak sesuai dengan perkembangan dunia.

Zakir Naik adalah pendiri sekaligus Presiden Islamic Research Foundation (IRF), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace Tv dari Mumbai, India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya