SOLOPOS.COM - Yerusalem (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO –Kota tua merupakan sebuah warisan yang dapat dinikmati untuk mengenang kembali peristiwa yang terjadi. Kota tua menjadi salah satu tempat untuk berwisata. Kota yang menyimpan sejarah dan menjadi tempat penting bagi umat beragama.

Berikut adalah lima kota legendaris dunia, dirangkum Serba lima kali Solopos.com, Selasa (16/9/2014); (A Nindya Paramitha/JIBI/Solopos.com)

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Damaskus: Kota Legendaris Negara Teluk

Damaskus: Kota Legendaris Negara Teluk

Damaskus (fligthsaustralia.com.au)

Damaskus (fligthsaustralia.com.au)

Damaskus atau Damsyik merupakan ibu kota terbesar di Suriah. Kota ini sudah dihuni selama 11.000 tahun. Catatan J. Simons dalam Handbook for the Study of Egyptian Topographical Lists relating to Western Asia tahun 1937 menyebut Damsyik pertama Kali muncul dalam daftar geografi raja Thutmose III sebagai T-m-s-q pada abad ke-15 Sebelum Masehi.

Kini kota dihuni sekitar 3,7 juta jiwa. Tak hanya  itu, Damaskus semakin padat karena banyak pengungsi dari beberapa negara seperti Spanyol. Pada abad ke-16 tempati ini jadi tujuan dari para pengungsi yang datang dari Iran dan Irak. Saat itu terjadi sebuah serangan dari bangsa Mongol. Masjid Umayyad merupakan salah satu arsitektur tertua di Damaskus.

Athena: Awal Mula Peradaban Eropa

Kuil Pathenon, Athena, Yunani (wikipedia.org)

Kuil Pathenon, Athena, Yunani (wikipedia.org)

Athena: Awal Mula Peradaban Eropa

Kota ini merupakan kota yang menjadi awal mula peradaban barat. Athena merupakan kota para dewa yang dipuja oleh orang-orang pada masa itu.

Berkunjung ke Yunani  Anda dapat menikmati bangunan peninggalan bersejarah, yakni Kuil Olimpia Zeus, gedung teater kuno Dionysos, Odeon of Herodes Atticus. Menariknya Odeon of Herodes Atticus dibangun pada tahun 161. Tempat ini digunakan sebagai teater penyanyi.

Masih ada satu lai batu suci Acropolis dan Museum Acropolis yang menjadi tempat penting di Athena. Di dalam museum tersebut terdapat 4.000 koleksi karya seni dari perkembangan peradaban Athena. Tempat yang paling terkenal adalah Kuil Pathenon yang dibangun pada abad ke-5 sebelum Masehi. Kuil ini dibangun untuk Dewi Athena yang dipercaya sebagai pelindung kota ini.

Yerusalem: Ibu Kota Tiga Agama

Yerusalem: Ibu Kota Tiga Agama

Yerusalem (wikipedia.org)

Yerusalem (wikipedia.org)

Sebuah kota yang disebut Rusalimum atau Urusalimum muncul dalam catatan Mesir kuno sebagai sebuah rujukan pertama bagi Yerusalem

Kota Yerusalem menyimpan situs-situs suci umat Yahudi, Muslim, dan Nasrani. Taman Getsemani misalnya, terletak di kaki Gunung Zaitun.

Bagi umat Nasrani tempat ini dianggap sebagai tempat berdoa  Yesus dan para muridnya sebelum Yesus disalibkan. Wastern Wall, tempat ini dikenal dengan tembok ratapan orang Yahudi yang juga dikenal dengan nama Al Buraq. Selanjutnya, situs suci bagi umat Muslim adalah masjid Al Asqa.

Varanasi: “Mekah” Bagi Umat Hindu

Varanasi (wikipedia.org)

Varanasi (wikipedia.org)

Varanasi: “Mekah” Bagi Umat Hindu

Inilah kota tertua di India. Kota ini juga dikenal dengan nama Kota Benares. Kota ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu.

Varanasi adalah pusat kebudayaan India, kota ini melahirkan para pujangga, musisi, filsuf. Varanasi juga menjadi pusat ilmu pengetahuan sejak tahun 700 sebelum masehi.

Varanasi, bagi umat Hindu, adalah seperti Mekkah bagi umat Muslim atau Vatikan bagi umat Katolik.

Plovdiv: Pemukiman Tracia

Plovdiv (wikipedia.org)

Plovdiv (wikipedia.org)

Plovdiv: Pemukiman Tracia

Kota ini sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Plovdiv merupakan kota tertua di Eropa dan menjadi kota utama Romawi.



Sebelumnya kota ini dikenal sebagai pemukiman Tracia. Menariknya, di kota ini nyaris tidak ada kendaraan bermotor. Pasalnya kendaraan itu dialihkan dan dibuatkan jalan atau terowongan bawah tanah. (A Nindya Paramitha/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya