SOLOPOS.COM - Foto Shanghai Tower (Myfirstclasslife.com)

Serba lima ini menampilkan pencakar langit tertinggi di dunia.

Solopos.com, SOLO — Gedung pencakar langit kadang menjadi ikon dan daya tarik tersendiri bagi sebuah negara. Negara mana saja yang memiliki gedung-gedung tinggi nan mengesankan itu?

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Dikutip Solopos.com dari laman My First Class Life, Rabu (16/3/2016), berikut daftar lima bangunan tertinggi di dunia.

1. Burj Khalifa (830 meter)

Foto Burj-Khalifa (Myfirstclasslife.com)

Foto Burj Khalifa (Myfirstclasslife.com)


Burj Khalifa sering disebut sebagai Burj Dubai. Bangunan setinggi 830 meter ini terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan menyerupai menara ini dibangun pada Januari 2004 dan rampung dikerjakan pada 31 Desember 2009. Setidaknya dibutuhkan US$1.5 milyar atau sekitar Rp20 triliun, untuk mendirikan bangunan yang menjadi wujud wisata modern di dunia ini.

Burj Khalifa didesain oleh Adrian Smith. Pria ini merupakan warga Chicago yang juga membuat desain New York’s One World Trade Center dan Chicago’s Willis Tower di Amerika Serikat. Hingga saat ini, Burj Khalifa masih dianggap sebagai bangunan tertinggi di dunia. Namun, pemerintah Saudi Arabia sedang membangun Jeddah Tower. Tinggi bangunan di Jeddah ini kabarnya akan menyalip Burj Khalifa dengan ketinggian lebih dari satu km.

 

2. Shanghai Tower (632 meter)

Foto Shanghai Tower (Myfirstclasslife.com)

Foto Shanghai Tower (Myfirstclasslife.com)


Shanghai Tower merupakan bangunan tertinggi di Tiongkok dan bangunan tertinggi kedua di dunia. Menara ini dibangun pada November 2008 hingga 2015 dan secara resmi dibuka untuk umum pada Juni 2015. Tak kurang dari US$2.4 miliar atau sekitar Rp32 triliun, digelontorkan untuk mendirikan bangunan dengan 128 lantai ini.

Shanghai Tower didesain oleh Gensler, seorang arsitek asal San Fransisco. Bangunan ini berbentuk spiral yang tersusun dari sembilan bangunan yang berbeda. Pencakar langit ini berfungsi sebagai hotel, museum, atrium, taman, restoran hingga toko retail.

 

 

 

3. Abraj Al-Bait Clock Tower (601 meter)

Foto Abraj Al-Bait Clock Tower (Myfirstclasslife.com)

Foto Abraj Al-Bait Clock Tower (Myfirstclasslife.com)


Abraj Al Bait Clock Tower dikenal juga sebagai Makkah Royal Clock Tower Hotel. Bangunan ini dibangun selama delapan tahun, mulai pada 2004 dan rampung pada 2012 lalu. Uang senilai US$15 miliar telah digelontorkan untuk merampungkan bangunan ini. Bangunan tertinggi di Kota Mekah ini  merupakan ide King Abdulaziz, raja Arab, yang berkeinginan untuk membuat Mekah terlihat lebih modern.

Terdiri dari 120 lantai, bangunan ini menjadi ikon yang menarik di Mekah. Bangunan yang juga berfungsi sebagai hotel ini memiliki jam besar sebagai pusatnya.

 

 

 

 

4. Ping An Finance Centre (600 meter)



Foto Ping An Finance Centre (Myfirstclasslife.com)

Foto Ping An Finance Centre (Myfirstclasslife.com)


Ping An Finance Centre terletak di selatan Kota Tiajin, Tiongkok. Bangunan tertinggi keempat di dunia ini merupakan hasil rancangan dari  Kohn Pedersen Fox Associates, sebuah biro arsitektur dari Amerika. Sebagai bangunan pencakar langit, Ping An Finance Centre tergolong bangunan low budget (murah), karena hanya menghabiskan sekitar US$678 juta. Bangunan yang terdiri dari 120 lantai ini rencananya akan diresmikan 2016 ini.

 

 

 

 

5. Goldin Finance 117 (596 meter)

Foto Goldin Finance (Myfirstclasslife.com)

Foto Goldin Finance (Myfirstclasslife.com)


Bangunan tertinggi kelima di dunia berada di Tiongkok. Goldin Finance 117 atau yang juga dikenal dengan nama China 117 Tower terletak di Kota Tianjin, Tiongkok.

Bangunan Goldin Finance 117 ini masih dalam proses pembangunan hingga saat ini. Meski belum rampung, gedung pencakar langit ini rencananya akan memiliki tinggi 596 meter.

Pembangunan Goldin Finance 117 dimulai sejak 2008 dan sempat berhenti dikerjakan pada 2010. Bangunan ini diperkirakan akan selesai pada 2017 hingga 2018 mendatang. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya