SOLOPOS.COM - Ibook SE (Youtube)

Serba lima kali ini membahas lima perangkat Apple dengan nama SE.

Solopos.com, SOLO — Dalam waktu dekat, Apple diyakini akan merilis Iphone anyar. Tidak seperti sebelumnya, mereka akan mengusung kode baru di perangkat ponselnya itu.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Sebelumnya Apple kerap menggunakan kode S dan pernah memakai kode C pada Iphone. Kini perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat, itu bakal mengusung kode SE pada Iphone. Banyak pihak menafsirkan kode SE itu sebagai Special Edition.

Meski penggunaannya dirasa baru, kode SE sebenarnya sudah sering dipakai Apple. Mereka kerap menggunakan kode tersebut pada sejumlah produk yang dirancang khusus. Sebagaimana dilansir TechNews, Senin (14/3/2016), berikut serba lima perangkat Apple yang memiliki label SE:

Mac SE

Perangkat Mac SE diluncurkan 1987 sebagai model lanjutan dari Macintosh Plus. Kode SE sendiri bukan mengartikan Special Edition, melainkan System Expansion.

Mac SE terus digunakan hingga beberapa tahun. Perangkat terakhirnya yang dibesut berkode SE/30. Adanya kode 30 mengacu pada prosesor yang digunakan, yakni Motorola 68030.

Imac SE

Apple merilis Imac G3/400 DV Special Edition (SE) pada Oktober 1999. Sejumlah pembaruan dibawa oleh perangkat ini, salah satunya Slot Loading untuk membuat lebih adem dan tampilan transparan.

Apabila Imac G3/400 DV hadir warna-warni. Imac SE hanya memiliki satu warna, yakni Graphite. Selain itu varian ini mengusung hard drive yang lebih besar 13 GB.

Ibook SE

Di perhelatan Macworld Tokyo Expo pada Februari 2000, Apple memperbarui lini Mac Portable. Mereka membawa Ibook SE dengan tampilan yang eksklusif berwarna graphite. Selain itu, perangkat ini mengusung prosesor G3 berkecepatan 366 MHZ.

Pada perhelatan Paris Expo, Apple kembali memperbarui Ibook SE dengan proseseor G3 dengak kecepatan 466 MHz. Selain itu tersemat drive 6X DVD-ROM.

Ipod U2 Special Edition

Ipod U2 Special Edition dirilis pada Okrober 2004. Hadir dengan case spesial berwarna hitam dengan dibubuhi tanda tangan personil Ie. Apple menjualnya seharga US$349 atau Rp4,5 juta kala itu. Lebih mahal US$50 atau Rp651.750 ketimbang varin standar. Namun pengguna mendapatkan bonus U2 Digital Box-set dari Itunes Music Store.

Ipod Shuffle Stailess Steel

Meski tidak menggunakan kode SE, Ipod Shuffle Stailess Steel dibuat sebagai edisi spesial dari Ipoad Shuffle. Apple merilisnya enam bulan pasca meluncurkan Ipad Shuffle generasi ketiga pada bulan Maret 2009.

Ipod Shuffle Stailess Steel menawarkan tampilan yang cukup mewah. Bodinya mengusung stainless steel yang dipoles mengkilap dan punya penyimpanan sebesar 4 GB.

Apple menjualnya seharga US$99 atau Rp1,2 juta. Sedikit lebih mahal ketimbang varian warna perak, hitam, merah muda, biru dan hijau yang dibanderol US$79 atau Rp1 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya