SOLOPOS.COM - Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud (Reuters)

Serba lima kali ini membahas tentang fakta di balik kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud, ke Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, berencana mengunjungi Indonesia selama sembilan hari, mulai 1 Maret 2017 hingga 9 Maret 2017. Selain untuk menyelesaikan agenda negara, Raja Arab Saudi itu berencana piknik ke Bali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemberitaan mengenai kunjungan Raja Arab Saudi sudah ramai diberitakan berbagai media. Ada hal-hal fantastis dan tentunya mewah direncanakan muncul atau ada dalam kunjungan ini. Inilah lima fakta fantastis dan mewah yang akan terjadi dalam kunjungan Raja Arab Saudi.

Kunjungan pertama sejak 47 Tahun.

Kunjungan Raja Salman ini adalah kunjungan pertama Raja Arab Saudi semenjak 47 tahun terakhir. Sebelum ini, kunjungan Raja Arab Saudi dilakukan oleh Raja Faisal bin Abdulaziz Al Saud. “Tentu kan itu pertamanya membalas kunjungan Presiden Indonesia yang sudah berkali-kali, barangkali Presiden Indonesia sudah 25 kali ke Arab Saudi,” ucap Wakil Presiden, Jusuf Kalla, seperti dikutip Kantor Berita Antara, Jumat (24/2/2014).

Rombongan yang dibawa mencapai 1500 orang

Dalam kunjungannya ini Raja Arab Saudi tak hanya mengajak puluhan atau ratusan orang. Jumlah delegasi yang datang ke Indonesia bersama Raja Arab Saudi diperkirakan mencapai 1.500 orang. Berdasarkan keterangan Sekertaris Kabinet, Pramono Anung, beberapa orang penting yang dibawa Raja Arab Saudi adalah 10 menteri dan 25 pangeran.

Rombongan menggunakan tujuh pesawat

Karena banyaknya delegasi yang dibawa, kunjungan Raja Arab Saudi memakai tujuh pesawat. Selama di Indonesia, ketujuh pesawat akan berada di bawah pengawasan PT. Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services).

“Secara formal kami telah ditunjuk untuk menangani semua pesawat rombongan Raja. Nanti mulai 28 Februari sudah ada rombongan yang masuk,” terang Presiden Direktur JAS, Aji Gunawan, seperti dikutip Liputan6.com.

Jokowi balas beri penghargaan

Seperti diberitakan Solopos.com, Selasa (21/2/2017), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi anugerah tanda penghormatan tertinggi Republik Indonesia sebagai balasan karena Jokowi juga mendapatkan kehormatan tertinggi dari Arab Saudi. Tak hanya itu, Jokowi juga berencana memberikan tanda penghormatan lain untuk Raja Salman.

Toilet dan lift khusus disiapkan untuk raja di Masjid Istiqlal.

Selain membicarakan kerja sama dua negara, Raja Salman dijadwalkan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal, Kamis (2/3/2017). “Rencananya Raja Salman akan datang ke sini [Masjis Istiqlal] pada Kamis (2/3/2017) bada Dhuhur,” terang Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abd Salam.

Abu menambahkan, dipersiapkan lift khusus untuk Raja Salman agar memudahkannya mengunjungi lantai atas masjid. Tak hanya lift, pengelola masjid juga menyediakan tempat duduk dan kamar mandi untuk Raja Salman.

“Dalam beberapa hal, fasilitas-fasilitas tersebut akan dirombak sesuaikebutuhan raja,” tambah Abu.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya