SOLOPOS.COM - Hot Wheels Red Barron_ (ebay.com)

Serba lima kali ini mengenai hobi diecast. Hot Wheels terasa semakin seru ketika seorang kolektor dapat memiliki seri edisi terbatas dan berharga mahal. Bahkan harganya tak jarang melebihi harga mobil aslinya.

Solopos.com, SOLO – Produsen mobil replika (diecast) asal Amerika Serikat, Hot Wheels kerap melakukan terobosan dalam memasarkan produknya.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Salah satunya dengan membuat edisi terbatas sehingga diecast menjadi langka dan bernilai jual tinggi.

Hobi diecast memang erat hubungannya dengan kegiatan mengumpulkan mobil replika seri tertentu. Beberapa diecaster–sebutan bagi penghobi diecast – akan merasa puas ketika dirinya mampu mendapatkan mobil buruannya.

Kepuasan itu akan bertambah ketika sang diecaster mendapatkan mobil yang diproduksi dalam jumlah terbatas dan memiliki harga yang fantastis.

Di dunia diecast Hot Wheels terdapat banyak mobil yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas dan memiliki keunikan tersendiri sejak awal dirilis pada 1969.

Seperti dilansir situs jual beli online Ebay, (29/10/2014), berikut ini Solopos.com menyajikan lima diecast Hot Wheels termahal sekaligus terlangka di dunia.

Diecast Hot Wheels Red Barron

Hot Wheels Red Barron_ (ebay.com)

Hot Wheels Red Barron_ (ebay.com)

Hot Wheels seri Red Barron merupaan diecast berbentuk mobil klasik dengan warna dominan merah metalik.

Pada sisi interior, mobil itu sudah dilenkapi denan jok berukuran mini berlapis kulit, hal itu tentunya berbeda dengan seri Hot Wheels pada umumnya yang hanya terbuat dari plastik keras.

Bagian terunik dari diecast itu adalah bagian atas mobil yang berbentuk topi prajurit Nazi dengan warna perak.

Di seluruh dunia, mobil ini hanya berjumlah 10 unit. Untuk mendapatkannya perlu merogoh kocek hingga US$3.000 atau setara Rp36 juta per unit.

Diecast Hot Wheels Mad Maveric

Hot Wheels Mad Maveric (ebay.com)

Hot Wheels Mad Maveric (ebay.com)

Mad Maveric  merupakan diecast Hot Wheels pertama yang menggunakan sasis berjenis Mad.

Dari segi desain, memang mobil itu merupakan tipe monster car yang dapat menghadapi adu tabrak yang sangat ekstrem sekalipun.

Mobil itu menjadi sangat spesial karena tak banyak diproduksi, selain itu diecast berwarna silver itu juga merupakan mobil legenda pada masanya.

Meski tak pasti berapa harganya, banyak pihak menyebut harganya mencapai US$5.000 atau sekitar Rp60 juta per unit.

Diecast Hot Wheels White Enemel Camaro

Hot Wheels Enemel White Camaro (ebay.com)

Hot Wheels Enemel White Camaro (ebay.com)

Sekilas tampak tak ada sentuhan spesial pada diecast varian Camaro itu. Namun ternyata White Enemel Camaro merupakan diecast  bersejarah Hot Wheels  karena diecast itu adalah produk Hot Wheels pertama di dunia.

Untuk memilikinya mungkin akan sangat sulit, karena pada masa itu belum banyak yang membeli produk Hot Wheels, kalaupun ada yang membeli mungkin mainan itu telah hilang dan hanya sedikit kolektor yang memilikinya.

Diecast Hot Wheels Cheetah Base Python
Varian diecast termahal selanjutnya datang dari pabrik Hot Wheels di Hongkong.



Jika pada diecast Maveric namanya mendapat tambahan Mad, maka Cheetah adalah satu-satunya produk Hot Wheels yang berganti nama setelah diluncurkan.

Hot Wheels Python (ebay.com)

Hot Wheels Python (ebay.com)

Pada awal produksinya, Hot Wheels Cheetah Base Python memiliki nama Cheetah. Setelah beberapa hari produk itu diluncurkan, ternyata seri Hot Wheels itu menyulut sengketa dengan pemilik hak paten dari mobil Cheetah.

Sebagai tanda maaf Hot Wheels kepada produsen Cheetah, maka diecast Cheetah pun ditarik dari pasaran dan diterbitkan kembali dengan nama Python.

Karena pergantian nama itulah diecast Hot Wheels produksi Hongkong itu kini menjadi langka.

Bersyukur bagi para diecaster yang sempat membeli seri itu pada hari pertama peluncurannya. Sebab kini harganya mencapai US$10.000 atau lebih dari Rp100 juta.

Diecast Hot Wheels VW Beach Bomb

Hot Wheels VW Beach Bomb 1969 (ebay.com)

Hot Wheels VW Beach Bomb 1969 (ebay.com)

Seri termahal dan terlangka dari diecast Hot Wheels adalah VW Beach Bomb 1969 berwarna merah muda dengan muatan papan seluncur menembus kaca belakang.

Varian itu merupakan purwarupa yang hanya diproduksi kurang dari lima unit. Tak heran, kini harganya mencapai US$72.000 atau sekitar Rp700 juta.

Hingga saat ini, diecaster yang diketahui memiliki diecast Hot Wheels langka itu adalah seseorang bernama Bruce Pascal.

Pada versi selanjutnya, mobil itu telah diproduksi masal dengan banyak pilihan warna dan papan seluncur di bagian samping sehingga harganya tak semahal seri pertamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya