SOLOPOS.COM - Tatanan rambut keramat dari berbagai belahan dunia. (Istimewa)

Serba lima kali ini tentang tatanan rambut yang dianggap suci.

Solopos.com, SOLO Tatanan rambut tak cuma salah satu bagian penting dari tren fashion. Buktinya, ada pula tatanan rambut tertentu yang khusus untuk menggambarkan identitas seseorang. Salah satunya bisa diapakai untuk memperlihatkan status spiritual tertentu.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Kelompok kepercayaan tertentu punya tatanan rambut khusus untuk menunjukkan identitas. Dihimpun Solopos.com dari Listverse.com, Rabu (16/11/2016), ini lima tatanan rambut yang dianggap keramat

Jata

Dalam kepercayaan Hindu ada dua golongan yang dianggap suci, mereka adalah Rishi dan Sadhu. Golongan ini memiliki rambut yang gimbal. Rambut gimbal golongan tersebut biasanya dibentuk seperti serban. Orang-orang dengan rambut Jata biasanya telah meninggalkan kehidupan duniawi.

Model rambut Jata (get-knotted.weebly.com)

Model rambut Jata (get-knotted.weebly.com)

Perawatan rambut Jata tidak semudah yang dibayangkan. Rambut ini harus dicuci secara rutin untuk menghindari kuman dan serangga parasit. Model rambut Jata memiliki kemiripan dengan model dreadlock dan disebut sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu.

House of David

House of David bukan sebuah nama tatanan rambut, tapi sebuah kelompok. Anggota House of David mempraktikkan tatanan rambut yang mereka klaim suci. House of David merupakan kelompok yang mengkultuskan hari kiamat. Dibentuk pada 1903 oleh Benjamin Purnell, yang suka mengaku sebagai Nabi penyelamat.

Personel musik dari House of David (listverse)

Personel musik dari House of David (listverse)

Anggota kelompok ini menyumbangkan harta mereka untuk House of David. Anggotanya menghindari hubungan intim, tidak mengonsumsi daging, dan tidak memotong rambut mereka. Tatanan rambut anggotanya terinspirasi dari Surat Levitisus di Taurat di mana mereka meluruskan rambutnya.

Catholic Tonsure

Tatanan rambut Tonsure dilakukan oleh pendeta-pendeta katolik. Tatanan rambut Tonsure berbentuk lingkaran di sisi pinggir kepala, di mana rambut sisi atas kepala dicukur habis. Tidak diketahui siapa yang memulai tatanan rambut seperti itu, namun tatanan rambut itu jamak digunakan pendeta yang sudah masuk lingkaran sakral.

Catholic Tonsure (listverse)

Catholic Tonsure (listverse)

Kesh

Tatanan rambut ini diwajibkan oleh agama Sikh. Tatanan rambut Kesh berarti rambut yang alami. Tatanan ini akan membiarkan rambut seperti apa adanya. Potong rambut adalah hal terlarang. Dalam agama ini rambut panjang menggambarkan kekuatan dan kesucian. Tidak hanya rambut kepala, Sikh melarang memotong semua jenis rambut di dalam tubuh. Aturan ini berlaku untuk pria dan perempuan.

Orang suci di agama Sikh memiliki rambut sangan panjang (inquisitr.com)

Orang suci di agama Sikh memiliki rambut sangan panjang (inquisitr.com)

Payot

Payot adalan tatanan rambut khusus yang dilakukan oleh penganut Yahudi. Bahasa Ibrani, Payot berarti rambut yang digimbal bagian sampingnya. Bagi pemeluk Yahudi mereka akan membuat bagian gimbal di dua sisi kepalanya. Ada yang menaruh rambut gimbal di belakang kepala, ada juga yang melingkarkannya ke teling.

Jenis rambut payot (geektemp.com)

Jenis rambut payot (geektemp.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya