SOLOPOS.COM - Lampu Pijar (twitter)

Solopos.com, SOLO — Mulanya komputer dikenal sebagai mesin untuk menghitung. Tak ada yang menyangka puluhan tahun kemudian benda ini dapat menghubungkan berbagai kalangan di seluruh dunia lewat intenernet.

Komputer jadi satu dari sekian teknologi yang mampu mengeluarkan manusia dari zaman-zaman teknologi dan pertukaran informasi masih berjalan lambat. Inilah lima penemuan teknologi yang berpengaruh bagi kehidupan manusia yang dihimpun Solopos.com, Minggu (16/11/2014)

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Komputer

Komputer

Laptop (Amazon.com)

Laptop (Amazon.com)

Mulanya komputer adalah mesin yang digunakan untuk berhitung dan terkait dengan aritmatika. Seiring perkembangannya komputer digunakan untuk mengerjakan tugas lainnya. Komputer telah mengalami lima perkembangan atau lima generasi, yakni pada masa Perang Dunia II, 1956, 1958, 1980, dan generasi terkahir pada tahun 2001. Apple sebagai salah satu perusahaan yang berani dan cepat melakukan perkembangan komputer dari masa ke masa. Komputer kini dibuat menjadi lebih minimalis dan bisa dibawa kemana saja yang dan dikenal dengan laptop. Laptop juga mengalami evolusi menjadi berbagai bentuk yang kian dimanis. Belakangan bentuk terakhir Tablet berevolusi menjadi Phablet.

Internet

Internet (illustratiction.fr)

Internet (illustratiction.fr)

Internet

Pada mulanya jaringan komputer ini merupakan proyek dari Derpartemen Pertahanan Amerika Serikat untuk keperluan militer yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Namun, seiring perkembangan internet juga dibutuhkan oleh universitas-universitas yang ada di Amerika. Pada akhirnya internet bisa dinikmati seluruh penjuru dunia.

Otomotif

Otomotif

Mobil Lamborghini (goopego.com)

Mobil Lamborghini (goopego.com)

Perkembangan otomotif memang tak lepas dari sejarah transportasi. Sejak penemuan roda kemudian penemuan mesin yang pada akhirnya sangat membantu aktivitas manusia. Adanya otomotif semakin memudahkan aktivitas manusia dalam menjangkau tempat, pasalnya otomotif ini mempelajari tentang mesin kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil.

Lihat saja hasil perkembangan dan inovasi dari otomotif aneka mobil mewah seperti Lamborghini dan Ferrari. Sekarang Anda dapat menempuh perjalanan berpuluh-pulujh kilometer hanya dalam hitungan jam.

Telekomunikasi

Ponsel (phonearena)

Ponsel (phonearena)

Telekomunikasi

Perkembangan alat komunikasi menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Telepon salah satu alat komunikasi ini berkembang pesat dan mengubah kehidupan manusia. Motorola menjadi pelopor telepon genggam yang ditemukan oleh Cooper dan timnya.

Telepon seluler (ponsel) pada akhirnya jadi generasi penerus telepon. Di era milenium, ketika jalur telekomunikasi semakin progresif, orang memakai smartphone dan jejaring sosial untuk berkomunikasi. Cara ini jauh lebih efektif dibanding penggunaan telepon belasan tahun silam.

Lampu Pijar

Lampu Pijar

Lampu membuat manusia tidak hanya beraktifikas di siang hari. Ketika lampu mulai menjadi bagian dari kehidupan manusia, berbagai aktifitas pekerjaan bisa dilakukan di malam hari.

Beruntunglah ada seorang ahli yang menemukan lampu pijar, tanpa lampu tentu kegelapan yang terjadi. Ditemukan oleh Thomas Alva Edition yang berusaha merancang lampu pijar. Ia berhasil menyalakan lampu yang mampu bertahan selama 40 jam pada tahun 1879.

 Lampu Pijar (twitter)

Lampu Pijar (twitter)

Seiring dengan perkembangan zaman, lampu jadi salah satu teknologi yang paling berpengaruh di dunia. Bahkan, setiap sendi kehidupan memerlukan bantuan teknologi ini.

(A.Nindya Paramita/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya