SOLOPOS.COM - Ilustrasi olahraga rutin (womenhealthandfitness.com)

Serba lima kali ini mengulas tentang lima hobi yang bermanfaat untuk ketajaman otak.

Solopos.com, SOLO — Ada pelbagai cara yang dilakukan seseorang untuk membuat kemampuan berpikir otak meningkat. Tapi, tahukah Anda ternyata ada lima hobi yang pelan tapi pasti bisa membuat Anda cerdas.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dikutip Solopos.com dari Proessaywriter.net, Jumat (20/11/2015), lima hobi yang bisa mencerdaskan otak tersebut adalah olahraga, bermain musik, nge-game, belajar bahasa asing, dan membaca. Simak ulasannya berikut ini.

Olahraga
Selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga juga berdampak positif untuk ketajaman otak. Dengan catatan, olahraga ini dilakukan secara rutin dan tidak bolong-bolong. Berdasarkan penelitian para ahli di Dartmouth College, 2009, olahraga secara teratur bisa membuat kemampuan memori otak lebih tajam dalam jangka waktu panjang.

Bermain Musik
Berdasarkan penelitian di Boston Children’s Hospital, 2014, anak yang terbiasa dengan instrumen musik dan bisa memainkannya, cenderung pandai dalam kemampuan verbal. Kecerdasan verbal ini mengarahkan anak untuk menjadi orang yang mudah menjalin komunikasi dengan baik.

Main Video Game
Bagi sebagian orang tua biasanya khawatir jika sang buah hati suka bermain video game. Jangan buru-buru melarang. Ternyata, bermain video game atau aktivitas nge-game ini bisa membuat otak seseorang berkembang dengan baik.

Dengan catatan, aktivitas tersebut dilakukan secara tidak berlebihan. Setidaknya, berikan anak waktu sekitar 30 menit untuk bermain video game, setelah sekolah.

Belajar Bahasa Asing
Belajar bahasa asing bisa membuat otak seseorang semakin tajam. Dengan belajar bahasa asing, otak seseorang akan mudah memecahkan teka-teki dan perencanaan sesuatu.

Membaca
Berdasarkan penelitian di Emory University, 2013, membaca bisa meningkatkan pengetahuan seseorang. Selain itu, bisa membuat meningkatkan kemampuan otak dalam menganalisis sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya